Berita

Pelakasanaan Medis Operasi Wanita (MOW) di Sumba Barat Daya/NTT

Dibaca: 35 Oleh 22 Sep 2016Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Sebanyak 400 ibu usia produktif mengikuti Medis Operasi Wanita (MOW) yang dilaksanakan oleh tim medis TNI Angkatan Udara (TNI AU) bekerja sama dengan pemerintah daerah Sumba Barat Daya/NTT, yang dipusatkan di Kantor Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD)/NTT, selama tiga hari, mulai dari hari rabu 14 sampai jumat 16 September berjalan dengan baik dan lancar.

“Kegiatan ini rencananya tim medis dari Mabesau akan melaksanakan Medis Operasi Wanita sebanyak 400 orang, terutama kaum ibu yang masih produktif dan mempunyai anak rata-rata diatas empat orang. Artinya, kesadaran para kaum ibu khususnya yang usia produktif akan pentingnya Medis Operasi Wanita (MOW) semakin meningkat”, ujar Kolonel Kes Dr Frits Max Ruminjap, Sp.OG (K), MARS yang sudah banyak pengalaman menangani MOW baik didalam negeri maupun luar negeri.

Kegiatan Kontrasepsi Mantap (Kontap) MOW ini gratis karena biayanya ditanggung di Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Sedangkan dokter ahlinya didatangkan dari Mabes TNI Angkatan Udara (Mabesau) Jakarta diketuai oleh dr Frits Max Rumintjap, Sp.OG (K), MARS

Baca juga:  Danwingdiktekkal Ziarah ke TMP Peringati Hari Pahlawan

Dengan metode Laparoskopi, dr Frits dan tim dapat melakukan operasi MOW hanya dalam waktu kurang 3 menit per pasien. “Dengan jumlah pasien 400 yang disiapkan oleh pemda SBD maka kami hanya butuh waktu 2 hari melakukan operasi” ujar peraih rekor Muri tahun 2010 yang melakukan MOW dengan akseptor terbanyak 404 orang selama 2 hari.

“Kegiatan ini yang kelima kalinya dilaksanakan oleh Pemkab Sumba Barat Daya melalui Badan KB Kes Sumba Barat Daya. Ini semua karena peran aktif masyarakat dan penyuluhan dari para kader KB. Untuk itulah kami mengajak seluruh masyarakat SBD khususnya para kaum ibu yang masih produktif agar tidak malu-malu mengikuti MOW ini,” ujar Bupati Sumba Barat Daya Markus Dairo Talu, S.H, saat menerima tim kesehatan dari TNI Angkatan Udara. Harapan kami dari pemerintah Sumba Barat Daya semoga kegiatan ini, lebih sering dilakukan oleh tim dari TNI Angkatan Udara

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel