TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Pelangi Nusantara 2018 di Silangit

By 03 Dec 2018 Berita
Waaspotdirga_Kasau_Marsma_TNI_Nazirsyah__M.Sc_didampingi_Danlanud_Swo_Kolonel_Pnb_Dirk_Poltje_Lengkey___Asissten_Administrasi_Umum_Kab_Taput_pada_Pelangi_Nusantara_di_Silangit

TNI AU. Salah satu misi TNI Angkatan Udara adalah melaksanakan kegiatan membantu pemerintah dalam mempercepat pembangunan dan mensejahterakan masyarakat melalui kegiatan kedirgantaraan dalam rangka membantu otoritas sipil yang bertujuan untuk menciptakan suasana yang kondusif bagi terwujudnya keamanan dalam negeri yang dikemas dalam kegiatan Pelangi Nusantara yang bertujuan membantu pemerintah daerah dalam menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan masyarakat serta membantu mempromosikan kegiatan wisata di daerah Silangit kabupaten Tapanuli Utara yang masuk wilayah Lanud Soewondo, Sabtu (1/12).

Sehari menjelang pelaksanaan, Rombongan Pelangi Nusantara TNI Angkatan Udara dibawah pimpinan Waasportdirga Kasau Marsekal Pertama TNI Nazirsyah, M.Sc dan Komandan Lanud Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey disambut hangat dengan tradisi pengulosan dan pemberian sajian makanan ikan mas sebagai Upa-upa (selamatan) oleh Pemda Tapanuli Utara yang diwakili oleh kepala dinas pemuda dan olahraga Gibson Siregar bersama tokoh Agama, tokoh Adat dan tokoh masyarakat setempat.

Pelangi Nusantara yang dilaksanakan dirangkai dalam kegiatan Bakti Sosial berupa pengobatan umun, pembagian kacamata gratis dan pembagian paket gizi kepada anak sekolah, serta demo udara seperti para layang, para motor dan gantole. Kegiatan Bakti Sosial sebagai wujud nyata melayani masyarakat dilaksanakan bertempat di halaman SD Negeri 173365 Muara. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Waasportdirga Kasau Marsekal Pertama TNI Nazirsyah, M.Sc beserta ibu, Paban V Spotdirga Kolonel Lek Khozin MS. Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey beserta staf, Dandim Tapanuli Utara Letkol INF Rico Julianto Siagian, Kapolres Tapanuli Utara AKBP Horas Silaen dan Bupati Tapanuli Utara yang diwakili oleh asisten administrasi umum kabupaten Tapanuli Utara Surya Darma Nababan.

Pada kesempatan tersebut Asisten administrasi umum kabupaten Taput, yang dihadiri oleh ribuan masyarakat dan pelajar, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada TNI Angkatan Udara yang telah datang di kecamatan Muara dalam rangka Bakti Sosial dan demo udara yang dikemas dalam kegiatan Pelangi Nusantara 2018 di kabupaten Tapanuli Utara ini, tentunya dengan hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat serta dapat juga meningkatkan citra kepariwisataan di kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara.

Pada saat yang sama Aspotdirga Kasau Marsekal muda TNI Agus Munandar, S.E dalam sambutannya yang dibacakan Waasportdirga Kasau mengatakan bahwa: 2 Sesuai UUD RI no 34 tahun 2004 pasal 10 disebutkan bahwa tugas TNI AU adalah 1. Melaksanakan tugas Matra udara dibidang pertahanan. 2. Menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah udara yuridiksi nasional sesuai ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi. 3. melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan Matra udara. 4. melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan Udara.

UUD RI no 3 tahun 2002 tentang pertahanan negara, TNI AU mempunyai tugas dan perannya sebagai alat pertahanan negara dengan melaksanakan fungsi pembinaan teritorial Matra udara. Tugas ini dilakukan oleh Sportdirga sebagai staf pembantu pimpinan tingkat Mabesau yang berkedudukan langsung dibawah Kepala Staf Angkatan Udara. Sesuai dasar itulah maka TNI AU pada kesempatan ini melaksanakan kegiatan yang diberi nama Pelangi Nusantara tahun 2018 dalam rangka membantu pemerintah daerah untuk mempercepat pembangunan dan ikut serta dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat serta mengembangkan potensi wisata di wilayah Tapanuli Utara. Disamping hal tersebut diharapkan juga meningkatnya kemanunggalan prajurit TNI AU dengan rakyat dapat terus terjalin dan semakin mantap.

Lebih lanjut Aspotdirga Kasau menyapaikan harapan, supaya kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan dapat berkesinambungan dimasa yang akan datang, sehingga dapat terjalin hubungan kerjasama antara TNI AU khususnya Lanud Soewondo Medan dengan pemerintah Taput dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan kemanusiaan termasuk kegiatan mempromosikan wisata di Taput dengan memanfaatkan olah raga Dirgantara, kata Aspotdirga Kasau.

Waspotdirga Kasau didampingi Danlanud Soewondo beserta tamu dan undangan memberikan bantuan secara simbolis kepada masyarakat dan dilanjutkan dengan peninjauan pelayanan kesehatan dan pembagian paket bantuan.

Pada saat bersamaan dengan pelaksanaan Bakti Sosial dan bakti kesehatan melayani masyarakat di Muara, Demo udara juga turut melakukan berbagai atraksi di udara Silangit untuk menghibur masyarakat di kecamatan Muara sekitarnya. Demo udara para layang dan Gantole take off dari Huta Ginjang dengan julukan “negeri diatas awan,” sedangkan untuk Paramotor take off dari desa Aritonang di kecamatan Muara sebagai daerah asal yang bermarga Aritonang.

Pos Terkait

Kirim Komentar/Pertanyaan

Pelangi Nusantara 2018 di Silangit