Berita

Pelantikan dan Pengukuhan Mabisaka

Dibaca: 15 Oleh 14 Jan 2011Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Gerakan Pramuka di Jawa Barat harus mampu menumbuhkan dan mengembangkan jiwa sosial, baik bagi anggota muda maupun anggota dewasa. Dengan demikian akan tercipta generasi muda yang berkarakter sehingga dapat menjadikan bangsa yang kokoh dan maju sesuai dengan amalan Tri Satya dan Dasa Darma.

 

Demikian pernyataan Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf Effendi pada acara pelantikan dan pengukuhan mabisaka Kwatir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat masa bakti 2011-2015 yang berlangsung di gedung Perum Perhutani Unit III Jabar, yang juga turut dilantik Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Gutomo, S.I.P. (Kamis, 13/1)

 

Disampaikan lebih lanjut bahwa Pramuka harus dilatih secara dini untuk siap, sigap, peka, dan tanggap terhadap kondisi sosial dan lingkungan seperti siaga bencana, relawan anti narkoba, penyelematan, dan lain-lain. Selain itu, bersama komponen bangsa yang lain harus membangun soliditas dan solidaritas sosial ketika ada bagian dari bangsa ini yang terkena musibah, wabah, dan bencana alam.

 

Selanjutnya, Kwarda Jabar harus mampu mendorong agar Pramuka Jabar melek IT(Information Technology) dan menggunakan kemajuan IT untuk mencapai tujuan Pramuka. Lingkungan peserta didik (siaga, penggalang, penegak, dan pandega) yang sudah serba IT harus disikapi para pembina, pelatih Pembina, dan pengurus Kwartir dengan juga mempelajari dan menguasai IT.

Baca juga:  Danlanud Surabaya Menyambut Kedatangan RI 1 dan Panglima TNI

 

Untuk menuju pramuka lebih mandiri Kwarda Jabar pun terus mengembangkan jiwa kewirausahaan. Berbagai pelatihan dan kursus kecakapan serta ketrampilan harus diselnggarakan disemua tingkatan. Modul SKU(Syarat Kecakapan Umum dan SKK (Syarat Kecakapan Khusus) harus diberi bobot baru yang mendorong lahirnya jiwa wirausaha dikalangan Pramuka.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel