Berita

Pelatihan BPJS Ambasador 2017 : Keberhasilan Organisasi Tergantung Pemimpin

Dibaca: 12 Oleh 07 Mar 2017Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Memasuki hari ke lima, Pelatihan Kepemimpinan The Ambassador Leadership BPJS Ketenagakerjaan Camp I Batch 4 yang diikuti 250 mahasiswa dari seluruh Universitas di Indonesia berjalan sesuai schedule yang telah direncanakan. Selama mengikuti pelatihan kepemimpinan, para peserta telah menerima pembekalan berupa teori maupun praktek lapangan dari Insruktur BPJS maupun para pelatih di Skadik 104 dan Skadik 105.

Pembekalan teori yang dilaksanakan di kelas meliputi Pelajaran Mentalitas Dasar, Leadership, Pertahanan Negara, SND (Sharing, Networking, Developing) dan Kepemimpinan. Adapun pembekalan dilapangan antara lain Orientasi Lapangan, Pembentukan Sikap dan Nasionalisme Cinta Tanah Air.

Pada hari ke-5 para peserta menerima teori kepemimpinan dari Kolonel Pnb Indan Gilang Buldansyah yang keseharianya menjabat sebagai Kepala Dinas Operasi Lanud Adisutjipto, Selasa (7/3) bertempat di Wisma Adisutjipto.

Dalam teori pengantarnya, Beliau menyampaikan bahwa keberhasilan organisasi untuk mencapai tujuan sangat tergantung kepada pemimpin dan orang-orang yang ada disekitarnya. Apabila suatu organisasi dipimpin orang yang baik, tanpa diberi aturanpun organisasi tersebut akan baik. Namun apabila suatu organisasi yang dipimpin oleh orang yang tidak baik walaupun diberi berbagai aturan, maka hasilnya belum tentu baik, papar Indan

Baca juga:  19 Anggota dan 7 Siswa Wingdiktekkal Naik Pangkat

Lebih lanjut Kolonel Pnb Indan Gilang Buldasyah menambahkan terkait dengan kepemimpinan militer, dengan mengambil sebuah teori dari “Gen Harold K Johnson” bahwa seni mempengaruhi dan mengarahkan prajurit untuk mendapatkan ketaatan, kepercayaan diri, rasa hormat dan kesetiaan untuk menyelesaikan misi. Selain itu ciri-ciri menjadi pemimpin militer yang baik memiliki hirarki, otoriter, disiplin dan loyalitas, dengan demikian akan memperoleh pemimpin yang baik sehingga anak buah akan loyal terhadap pemimpinnya.

Para peserta pelatihan nampak antusias, penuh semangat , meski serius namun tetap santai, sehingga terbentuk komunikasi yang komunikatif dalam proses penyampaian pesan. Sebelum pemberian materi kepemimpinan tersebut, juga telah diberikan materi Pertahanan Negara oleh Letkol Pnb. HS. Romas.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel