Berita

Pelatihan Crew Resource Management A-XXIV Di Wing 1 Lanud Halim

Dibaca: 17 Oleh 04 Agu 2015Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsekal Pertama TNI Umar Sugeng Hariyono, S.IP., S.E., M.M., yang diwakili Komandan Wing 1 Kolonel Pnb Ir. Purwoko Aji P., MDS, MM., secara resmi membuka pelatihan Crew Resource Management (CRM) atau pelatihan awak pesawat guna memperkecil resiko kecelakaan akibat human error Angkatan ke-XXIV tahun 2015 di Ruang Rapat Wing 1 Lanud Halim Perdanakusuma, Senin (3/8). Kursus diikuti dua puluh perwira penerbang dan akan dilaksanakan selama lima hari ke depan.

Dalam amanatnya Marsekal Pertama TNI Umar Sugeng Hariyono, S.IP., S.E., M.M., antara lain menyatakan melalui pelatihan CRM ini, diharapkan manajemen pengelolaan seluruh kegiatan awak pesawat sesuai fungsi, peran dan tugasnya masing-masing dapat tercipta sebaik-baiknya. Sehingga melalui CRM ini unsur-unsur crew seperti pilot, co pilot, navigator, teknisi, load master, perwira staf dan lainnya dapat memahami keberadaannya masing-masing guna menjamin terselenggaranya satu misi penerbangan bersama secara aman.

Menurut Mayor Nav Sunardi, Perwira Pendidikan CRM A-XXIV terdapat duapuluh perwira penerbang dan navigator dari Lanud Halim dan Lanud Atang Senjaya, Bogor. Pelatihan diharapkan menumbuhkan kultur profesionalisme dalam tugas crew yang mengutamakan keselamatan terbang dan kerja (lambangja) dapat ditumbuhkan dan dikembangkan dengan optimal. Menurutnya kesadaran, pemahaman dan kontrol diri yang mengutamakan safety dalam setiap tugas merupakan hal mutlak diperlukan oleh seluruh awak pesawat guna mendukung sukses, aman dan selamatnya berbagai misi penerbangan. Untuk itu, instruktur pelatihan terdiri dari berbagai latar belakang seperti perwira psikologi, perwira kesehatan, perwira Lambangja dan penerbang senior lainnya.

Baca juga:  KETUA PIA CAB 3/D II TINJAU RUMPIN LANUD ABD

Metode pelatihan yang dilaksanakan antara lain meliputi pelajaran teori di kelas, tanya jawab, games, tes, praktek dan lainnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel