Berita

Pelatihan EKG Diskesau Di Rumkit Lanud Abd Saleh

Dibaca: 36 Oleh 30 Agu 2016Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Kompetensi perawat pada kasus kardiovaskuler di fasilitas kesehatan TNI Angkatan Udara saat ini dirasa kurang optimal, maka pada tahun 2016 ini, Diskesau memandang perlu dilaksanakan interpretasi Elektrokardiografi EKG Angkatan Udara.

Kepala Rumah Sakit (Rumkit) Lanud Abd Saleh dr. Ari Putriani, Sp. PK.Menyambut baik digelarnya Pelatihan Interpretasi EKG yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna Rumkit Lanud Abd, diikuti 25 orang perwakilan dari seluruh Rumkit TNI AU di seluruh Indonesia Sabtu, (27/8)

Kasubdisbinprof Kes TNI AU Kolonel Kes Puji Widodo mewakili Kadiskesau Beserta timnya, hadir di Rumkit Lanud Abd untuk menyemat tanda peserta pelatihan yang dilaksanakan sehari sekaligus memukul palu sebagai tanda dibukanya pelatihan tersebut dan disaksikan Kadispers Lanud Abd Kolonel Pnb Mokh. Mukson, Karumkit Lanud Abd, Karumkit Lanud lainnya serta para peserta pelatihan di Ruang Serbaguna Rumkit Lanud Abd Saleh.

Kolonel Kes Puji membacakan sambutan Kadiskesau dan mengatakan bahwa penyelenggaraan pelatihan ini merupakan salah satu fungsi Diskesau dalam bidang pembinaan profesi kesehatan Angkatan Udara, sebagai bagian dari pembinaan personel khususnya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia mengingat saat ini penyakit Kardiovaskuler merupakan penyebab kematian utama di seluruh dunia.

Baca juga:  Pesawat Hawk 200 Skadron Udara 12 Jatuh

Lebih lanjut dikatakan, EKG adalah grafik yang dibuat oleh sebuah Elektrokardiograf untuk merekam aktifitas kelistrikan jantung dalam waktu tertentu yang menjadi salah satu bentuk pemeriksaan penunjang dalam membantu menegakkan suatu diagnose, khususnya penyakit jantung. Perawat sebagai salah satu bagian dari sistem pelayanan kesehatan dituntut untuk mempunyai pengetahuan dan ketrampilan yang baik dalam mengenali gejala-gejala penyakit kardiovaskuler dan memahami EKG sebagai salah satu instrument yang digunakan untuk memperoleh informasi seputar kerja jantung manusia.

Dalam pelatihan tersebut, para peserta dibekali dengan teori pengetahuan tentang EKG normal, ketrampilan EKG pada pembesaran jantung, EKG pada aritmia, pengetahuan EKG pada Iskemik/infak, dan pengetahuan dan ketrampilan EKG pada gangguan elektolit. Diharapkan para peserta pelatihan nantinya mampu mengenal, mengerti dan memahami serta mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh dalam tugas sehari-hari sebagai perawat yang profesional.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel