TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Pelatihan P2M Suspajemen A-22 untuk Tugas Manajerial

By 19 Feb 2018Berita
P2M_Suspajemen

TNI AU.   Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (Sekkau), menggelar pelatihan Pengenalan Potensi Manajerial (P2M) kepada 56 orang perwira siswa Kursus Perwira Manajemen (Suspajemen) angkatan ke-22 bekerjasama dengan Dinas Psikologi Angkatan Udara (Dispsiau), di ksatrian Sekkau, Halim Perdanakusuma Jakarta, Senin (19/2).

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk permainan dalam ruangan ini bertujuan sebagai upaya membekali para perwira siswa tentang aspek aspek psikologi dalam menunjang tugas-tugas manajerial.   Dengan sasaran, agar para perwira dapat memiliki wawasan dan pemahaman diri akan potensi manajerial masing-masing sehingga nantinya dapat dikembangkan di kesatuan masing masing.

Pelaksanaan pelatihan dibuka oleh Kasubdispsidik Dispsiau, Kolonel Kes Sri Hastuti Handayani, M.Si., yang menjelaskan bahwa untuk menjadi seorang pemimpin selain memiliki potensi kecerdasan, kepribadian, integritas yang baik, juga diperlukan kemampuan manajerial seperti kerjasama, kemampuan komunikasi, memiliki motivasi yang tinggi, kepemimpinan dan sebagainya. Dijelaskan pula bahwa dalam pelatihan ini menggunakan metode andragogi, yaitu belajar menurut orang dewasa. Ciri-ciri belajar menurut orang dewasa adalah adanya komunikasi dua arah serta pelibatan dalam perencanaan dan evaluasi dari pembelajaran.

Pelatihan P2M kepada pasis Suspajemen menekankan pada aspek motivasi, kerjasama dan gaya kepemimpinan, mengingat potensi motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah dan ketekunan seseorang untuk mencapai tujuannya sedangkan kerjasama merupakan suatu usaha untuk mencapai satu atau tujuan bersama. Dan aspek kepemimpinan merupakan proses mempengaruhi atau memberi contoh kepada anggotanya dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

Dalam pelaksanaan kegiatannya, peserta dibagi dalam 5 kelompok kecil dan masing-masing kelompok dipandu oleh seorang fasilitator yang membimbing pelaksanaan permainan psikologi yang dirancang guna meningkatkan motivasi, kerjasama, komunikasi antar anggota kelompok dan kepemimpinan dalam mengarahkan anggotanya.

Permainan psikologi yang dilaksanakan oleh pasis Suspajemen angkatan ke-22 diharapkan dapat menimbulkan kesadaran pentingnya komunikasi aktif dalam kelompok, pentingnya perencanaan sebelum mengerjakan tugas dan menyadari pentingnya kerjasama kelompok.

Seluruh rangkaian kegiatan pelatihan diakhiri dengan pembahasan akhir dari Kasubdispsidik Dispsiau. Dalam pembahasan akhir ini disampaikan penghargaan kepada seluruh peserta atas kerjasama dan semangat tinggi yang ditunjukkan dan diakhiri dengan pengisian umpan balik dari peserta untuk mendapatkan masukan dan bahan evaluasi guna perbaikan kegiatan pelatihan yang akan datang.  *Pentak Sekkau*

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Pelatihan P2M Suspajemen A-22 untuk Tugas Manajerial