Berita

Pelatihan Peer Leader Pencegahan HIV-AIDS di Lanud Suryadarma

Dibaca: 23 Oleh 12 Jan 2016Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Dengan tingginya angka penyebaran HIV-AIDS di Indonesia, maka TNI Angkatan Udara tidak berdiam diri dalam mengatasi hal tersebut dan untuk mengantisipasinya Dinas Kesehatan TNI Angkatan Udara melaksanakan pelatihan Peer Leader Pencegahan HIV-AIDS di Lanud Suryadarma yang secara resmi dibuka oleh Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI Suparmono yang bertempat di Gedung Serbaguna Lanud Suryadarma. Selasa(12/1). Kegiatan tersebut di ikuti oleh anggota Lanud Suryadarma, Wingdiktekkal dan Ki pan C yon 461 Paskhas, yang dilaksanakan selama 3 hari.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Udara Marsma TNI dr. Asrunsyah Nasution.,Sp.PD.,Sp.KP., yang dibacakan oleh komandan Lanud Suryadarma mengatakan bahwa TNI Angkatan Udara sebagai salah satu elemen bangsa Indonesia mempunyai fungsi yaitu mempertahankan keutuhan wilayah udara NKRI turut prihatin dengan tingginya angka penyebaran HIV-AIDS di Indonesia. Namun demikian TNI AU tidak hanya berdiam diri dalam menghadapi hal tersebut yang merupakan tantangan nyata yang harus dihadapi oleh TNI AU selain ancaman agresi militer dari negara asing. Tantangan nyata ini menuntut kepada pimpinan TNI AU untuk lebih mengedepankan dan memprioritaskan fungsi pembinaan personel dan pembinaan kesehatan di seluruh jajaran dibawahnya.

Baca juga:  SD Angkasa Lanud Rsn Torehkan Prestasi Membanggakan

Oleh sebab itu Dinas Kesehatan Angkatan Udara sebagai salah satu Balakpus di tingkat Mabesau berkewajiban untuk meningkatkan peran pembinaan kesehatan dengan mengoptimalkan fungsi kesehatan preventif dan promotif di setiap rumah sakit yang ada di wilayah Indonesia. “Fungsi pencegahan penyebaran infeksi menular termasuk HIV-AIDS dapat dilakukan apabila adanya kesiapan fasilitas kesehatan yang ada dengan didukung adanya kemampuan personel kesehatan TNI AU yang memiliki kompetensi”.tambahnya

Lebih lanjut dikatakan bahwa Pelatihan peer leader HIV-AIDS yang dilakukan di wilayah Subang terutama di Lanud Suryadarma ini diupayakan untuk meningkatkan peran kesetaraan dan teman sejawat guna mendorong bawahan, rekan kerja dan bila perlu atasan untuk mengubah perilaku yang berisiko terhadap penyebaran infeksi HIV- AIDS. Pelatihan ini diharapkan membekali pada peer leader baru untuk membantu dan mengajak perilaku yang berisiko tinggi menjadi perilaku yang aman terhadap ancaman nyata yaitu penyebaran infeksi HIV-AIDS di lingkungan TNI AU termasuk juga di wilayah Lanud Suryadarma. “Saya percaya pelatihan ini akan bermanfaat dalam pengabdian saudara sebagai tenaga peer leader HIV-AIDS di Lanud Suryaadarma ini. Disamping itu saudara diharapkan menjadi bagian dari tenaga inti untuk mengembangkan dan menyebarkan konsep peer leader pencegahan HIV-AIDS di lingkungan TNI. Oleh karena itu pelajari dan pahami semua ilmu tentang informasi dari penyebaran infeksi HIV-AIDS, cara penularannya dan cara pencegahannya dengan penuh kesungguhan untuk nantinya dapat diaplikasikan dalam mendukung tugas di satuan ini”.

Baca juga:  Pangkoopsau II Buka Latihan Sikatan Daya 2016

Turut hadir pada pembukan pelatihan Peer Leader HIV-AIDS Danwingdiktekkal, Danwing 8 Lanud Suryadarma, Para Kadis, Ketua KPA Provinsi jawa barat, Letkol Kes Joko dan Mayor Kes Arif Setyantoko.

 

 

 

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel