Berita

Pelatihan Pengenalan Potensi Manajerial Suspajemen

Dibaca: 18 Oleh 18 Agu 2014Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Sebanyak 50 orang perwira siswa Kursus Perwira Manajemen (Suspajemen A-10) melaksanakan pelatihan Pengenalan Potensi Manajerial pada hari Rabu, 13 Agustus 2014. Pelatihan ini dipandu oleh Tim Psikologi dari Dispsiau, dikemas dalam bentuk pelatihan indoor maupun outdoor, dimana pembelajaran siswa diberikan melalui ceramah, permainan (games) dan diskusi. Acara diawali dengan pembukaan oleh Kasubdispsidik Dispsiau, Kolonel Kes Dra. Hening Sitarasmi yang menyampaikan bahwa untuk menjadi seorang pemimpin selain memiliki potensi kecerdasan, kepribadian, integritas yang baik, juga diperlukan kemampuan manajerial seperti kerjasama, kemampuan komunikasi, memiliki motivasi yang tinggi, kepemimpinan dan sebagainya. Dijelaskan pula bahwa dalam pelatihan ini menggunakan metode andragogi, yaitu belajar menurut orang dewasa. Ciri-ciri belajar menurut orang dewasa adalah adanya komunikasi dua arah serta pelibatan dalam perencanaan dan evaluasi dari pembelajaran. Pelatihan ini lebih menyoroti aspek motivasi, kerjasama dan gaya kepemimpinan. Secara singkat dijelaskan bahwa potensi motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah dan ketekunan seseorang untuk mencapai tujuannya. Kerjasama merupakan suatu usaha untuk mencapai satu atau tujuan bersama. Sedangkan kepemimpinan adalah proses mempengaruhi atau memberi contoh kepada anggotanya dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

Baca juga:  Manuver Lapangan Alap Gesit 2021, Lanud Supadio Simulasikan Force Down Pesawat Asing

Setelah ice breaking untuk mencairkan suasana, peserta dibagi dalam 4 kelompok kecil dan masing-masing kelompok dipandu oleh 2 orang fasilitatordilanjutkan dengan pengisian kuesioner kepemimipinan. Setelah istirahat makan siang, kegiatan dilanjutkan dengan permainan psikologi lapangan. Permainan atau games dirancang untuk meningkatkan motivasi, kerjasama, komunikasi antar anggota kelompok dan kepemimpinan dalam mengarahkan anggotanya. Para peserta terlihat antusias dalam melaksanakan pelatihan tersebut. Walaupun usia mereka sudah tidak muda lagi, namun semangat, kegigihan dan kerjasamanya baik. Hal itu terlihat pada saat mereka menyelesaikan suatu permainan dilaksanakan dengan penuh semangat, sportivitas tinggi dan saling bahu membahu menyelesaikan tugasnya.

Seluruh rangkaian kegiatan pelatihan diakhiri dengan pembahasan akhir (review) dari Kasubdispsidik Dispsiau. Dalam review ini disampaikan penghargaan dan rasa bangga kepada seluruh peserta atas kerjasama dan semangat tinggi yang ditunjukkan selama kegiatan. Pada dasarnya yang paling penting adalah kemampuan untuk mengambil intisari dari berbagai kegiatan yang dilakukan. Ditekankan bahwa para perwira siswa harus memiliki semangat dan motivasi yang sama pada saat bekerja di satuan nantinya. Dari aspek kepemimpinan, agar lebih efektif dalam mengendalikan kelompoknya, hendaknya para siswa belajar untuk menerapkan tipe kepemimpinan sebagaimana yang telah dipelajari bersama. Kegiatan diakhiri dengan pengisian umpan balik dari peserta untuk mendapatkan masukan dan bahan evaluasi guna perbaikan kegiatan pelatihan yang akan datang.

Baca juga:  Lanud Iswahjudi Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel