TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Pelatihan Pengoperasian Rantis ATC di Lanud Abd Saleh

By 26 Apr 2017Berita
IndonesianAF 1

Kendaraan Taktis Militer merupakan suatu sarana pendukung daya gerak yang mutlak dimiliki oleh kesatuan militer. Kendaraan Taktis (Rantis) merupakan wanaha pendukung transportasi personel maupun peralatan. Disebut taktis karena kegunaannya sebagai pendukung kegiatan operasi militer. Untuk itu, Selasa (26/4) Brigjen TNI Umar Dansatkomlek TNI membuka Pelatihan Pengoperasian Rantis ATC  yang dihadiri Danlanud Abd saleh dan para Kadis di Ruang VIP Room Lama yang diikuti Anggota Base Ops.

Kendaraan Rantis ATC untuk membantu mobilitas Base Ops apabila di Lanud Abd Saleh ini tidak berfungsi atau dalam latihan diluar Lanud Abd Saleh. Hal ini di fungsikan perwakilan Lanud yang tidak ada ATC nya maka mobil Rantis ATC inilah yang akan difungsikan untuk membantu apabila ada kegiatan latihan yang selama dilaksanan di luar Lanud Abd saleh. Oleh karenanya rantis memiliki karakteristik yang spesifik, khusus dan dituangkan dalam suatu persyaratan tersendiri, berbeda dengan kendaraan administrasi (ranmin) yang spesifikasinya hampir sama dengan kendaraan yang digunakan oleh kalangan non-militer.

Rantis memiliki persyaratan minimum diantaranya, mampu melakukan gerak dan operasi disegala medan termasuk latihan perang di luar Lanud Abd saleh, Karena memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan dengan kendaraan angkut umum atau ranmin, pada umumnya Rantis ini memiliki harga jual yang sangat tinggi. Tetapi apabila dibandingkan dengan usia pakai, maka harga tersebut sesungguhnya cukup ekonomis.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Pelatihan Pengoperasian Rantis ATC di Lanud Abd Saleh