Berita

Pelatihan Supervisi dan Konseling (Supkon) Instruktur/Gadik Wingdikum

Dibaca: 22 Oleh 25 Sep 2014Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

“Konseling merupakan proses membantu individu untuk mengatasi hambatan-hambatan perkembangan diri & untuk mencapai perkembangan yang optimal dari kemampuan pribadi yang dimilikinya” Division of Counseling Psychology.

Wingdikum sebagai pelaksana dari Komando Pendidikan Angkatan Udara (Kodikau) memiliki tugas pokok sebagai penyelenggara pendidikan bagi prajurit TNI AU dan Pegawai Negeri Sipil. Untuk menciptakan lulusan yang berkualitas tentu diawali oleh Instruktur atau tenaga pendidik yang mengawakinya. Oleh karenanya sebagai seorang tenaga pendidik, instruktur perlu dibekali kemampuan yang memadai dalam menghadapi siswa terutama siswa yang bermasalah. Hal ini sangat penting karena untuk menghindari dampak yang buruk jika salah penanganan.

Dispsiau kembali merancang program pelatihan untuk tenaga pendidik dilingkungan TNI AU agar selain sebagai pendidik/pengajar, mereka juga sekaligus mampu berperan sebagai supervisor atau pun konselor khususnya terhadap siswa yang bermasalah. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 18 September 2014, dibuka oleh Kolonel Kes Dra. Hening Sitarasmi dibantu oleh Letkol Kes Th. Soepi M.Si, Mayor Kes TAJ Noegroho Psi Lettu Kes Hendrik G. Martadiredja, S.Psi dan beberapa personil anggota Dispsiau, dengan materi Supervisi, Konseling, Interview, Motivasi dan Pengembangan diri melalui Johari Window. Selain ceramah singkat, materi juga disampaikan melalui praktek/roleplay dan games yang kesemuanya berhubungan dengan materi yang disampaikan. Seluruh peserta berjumlah 29 orang, terdiri dari anggota militer dan PNS.

Baca juga:  Doa Bersama Danlanud cup Ke-19 dan ULTAH Danlanud Balikpapan

Pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas tenaga pendidik dalam membantu menyelesaikan permasalahan siswa. Peserta mengakui bahwa pelatihan tersebut bermanfaat, karena sebagai instruktur mereka harus memiliki teknik atau dasar yang benar dalam memberikan konseling terhadap siswanya, termasuk dalam meningkatkan motivasi siswanya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel