Berita

Pelatihan UAV Dan Sertifikasi Bagi Anggota Apdi Di Lanud Sulaiman

Dibaca: 246 Oleh 07 Des 2015Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Kolonel Pnb Sudjatmiko mewakili Kepala Dinas Potensi Kedirgantaraan Angkatan Udara (Kadispotdirga) Kolonel Pnb Nasirsyah, M.Sc., Minggu, (6/12) membuka pelatihan Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA) atau UAV (Unmanned Aerial Vehicle) dan Sertifikasi bagi anggota APDI (Asosiasi Pilot Drone Indonesia) yang dilaksanakan di shelter Runway Lanud Sulaiman, Margahayu, Bandung.

“Pelatihan ini tujuannya adalah untuk memeratakan keahlian diantara para penerbang drone di bawah naungan pengawasan dan kewenangan APDI. Sebanyak 60 pilot drone sudah melaksanakan sertifikasi di tahun 2015,” kata Kolonel Pnb Sudjatmiko dalam sambutan lisannya.

Usai acara pokok, para peserta pelatihan mencoba serangkaian uji terbang UAV atau PTTA dengan melalui tahap take off dan landing. Peran pilot (operator) mutlak diperlukan untuk mengendalikan PTTA mencapai ketinggian dan kecepatan operasi yang diinginkan serta untuk mengantisipasi keadaan pengendalian yang di luar dugaan.

Pilot pada tahap ini menggunakan Remote Control Transmitter (R/C Tx) untuk mengendalikan PTTA. Dalam pengujian menggunakan R/C Tx, pilot dapat dengan efektif mengendalikan PTTA sampai pada jarak satu kilometer dengan kondisi baterai yang baik.

Baca juga:  Bola Voli Por Kohanudnas 2016

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Umum APDI Bpk. F.I. Wicaksono, Sekretaris APDI Bpk. Fahmi dan Tengku Abdilah dari Malaysia mewakili FAI (Federation Aeronatic International).

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel