Berita

Pemakaman Kolonel Pnb Eko Putro di Makam Marga Baka Lanud Abd Saleh

Pemakaman Kolonel Pnb Eko Putro di Makam Marga Baka Lanud Abd Saleh
#TNIAU 

TNI AU.  Personel TNI AU yang bertugas di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang dan insub mendukung pelaksanaan deputasi pemakaman almarhum Kolonel Pnb Eko Putro Tubantoro, M.Si (Han), yang menjabat Pamen Sahli Kasau Bidsumdaman Sahli Kasau Bid Sumdanas Sahli Kasau, Mabesau, Jakarta di Taman Makam Marga Baka, Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jumat (6/3/2020). Almarhum kelahiran Tuban 11 Mei 1965, meninggal dunia dalam usia 55 tahun pada Hari Jumat tanggal 6 Maret 2020 sekitar pukul 04.00 WIB di Jakarta karena sakit, dengan meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak.

Setelah melalui prosesi perawatan jenazah di Jakarta, jenazah almarhum di terbangkan dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta menggunakan pesawat CN 295 dari Skadron Udara 2 menuju ke Lanud Abdulrachman Saleh Malang. Setelah tiba di Lanud Abdulrachman Saleh diadakan upacara penyambutan jenazah dengan Inspektur Upacara Danlanud Abd Saleh Marsma TNI Hesly Paat, yang disampaikan pimpinan rombongan Marsma TNI Fachry Adamy.

Kemudian jenazah disemayamkan di Hanggar Skadron Udara 32. Tampak pelayat, para pejabat TNI AU yang umumnya alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) Tahun 1988 A sebagai rekan-rekan almarhum seperti Marsda TNI Sri Pulung Dwamatsu, S.E., M.Mgt.Studt., Marsda TNI Suparmono, Marsma TNI Syamsunasir, Kolonel Lek Kotot, S. A., Kolonel Adm Shopian Kohar dan lainnya. Selanjutnya usai Sholat Jumat, jenazah almarhum menjalani shalat jenazah di Masjid Nurul Iman Skadron Udara 32, upacara persemayaman jenazah dengan Inspektur Upacara Wadanjen Akademi TNI Marsda Sri Pulung, yang peti jenazahnya diusung rekan-rekan almarhum dan pemberangkatan ke Taman Makam Marga Baka.

Baca juga:  Panglima TNI Resmikan Restorasi Gedung Leo Wattimena Markas Kohanudnas

Setelah tiba di Taman Makam Marga Baka, diadakan prosesi upacara pemakaman secara militer dengan pasukan upacara dari Lanud Abdulrachman Saleh dan insub.  Bertindak selaku Inspektur Upacara Wadanjen Akademi TNI Marsda Sri Pulung dengan Komandan Upacara Mayor Pnb Andang. Sesaat setelah jenazah almarhum memasuki liang lahat diiringi tembakan salvo, sebagai bentuk penghormatan terakhir.  Kemudian tabur bunga, penimbunan liang lahat dan peletakan karangan bunga oleh inspektur upacara dan perwakilan keluarga serta sambutan inspektur upacara.

Dalam sambutannya Inspektur Upacara antara lain menyampaikan, “Atas nama bangsa dan negara, dengan ini mempersembahkan ke Persada Ibu Pertiwi jiwa raga dan jasa-jasa almarhum Kolonel Pnb Eko Putro Tubantoro, M.Si., yang menjabat Pamen Sahli Kasau Bidsumdaman Sahli Kasau Bid Sumdanas Sahli Kasau yang telah meninggal demi kepentingan dan keluhuran negara pada tanggal 6 Maret 2020 di Jakarta karena sakit. Semoga jalan darma bakti yang ditempuhnya menjadi suri tauladan bagi kita semua dan arwah nya mendapat tempat semestinya di alam baqa.  Atas nama Tentara Nasional Indonesia dan Negara Republik Indonesia serta seluruh yang ditinggal, kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya disertai doa yang tulus, semoga arwah almarhum diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa dan mendapat tempat yang layak, sesuai amal bakti yang ditempuhnya.”

Baca juga:  Koopsau I Laksanakan Karya Bakti di Kec. Makasar Jakarta Timur

Selanjutnya pembacaan doa dan penghormatan terakhir dan pemberian bendera merah putih kepada keluarga almarhum.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel