Berita

Pemasangan Alat Penangkal Petir Di Lanud Sultan Hasanuddin

Dibaca: 25 Oleh 11 Jun 2015Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Lanud Sultan Hasanuddin dalam beberapa hari ke depan memiliki alat penangkal petir yang saat ini, Kamis (11/6) telah memasuki tahap pemasangan batang atau tiang penangkal petir. Pemasangan alat penagkal petir yang dikerjakan langsung tim Depohar 40 itu, dipimpin Katim Banharlap Kapten Lek Rianto Lismara beserta 7 teknisi. Menurutnya pemasangan penangkal petir dengan ketinggian 30 meter dengan radius 150 meter ini merupakan program kerja Depohar 40, yang saat ini sedang mengerjakan pemasangan peralatan baik outdoor maupun indoor, di area Lanud Sultan Hasanuddin dan Mako Koopsau II.

Sementara Kasenkom Lanud Sultan Hasanuddin Mayor Lek Harry Markonery, S.T. di sela kegiatan tersebut menjelaskan bahwa alat penangkal petir yang diinstalasi terdiri dari 2 macam yaitu penangkal petir outdoor dan penangkal petir indor atau MOV (Metal Oxide Varistor). Pemasangan penangkal petir outdor pada dasarnya digunakan untuk mengamankan sambaran petir langsung atau eksternal sehingga bangunan kita terhindar dari kerusakan yang fatal serta meminimalisir efek kerusakan pada peralatan elektronik yang ada.

Baca juga:  TNI AU Gabungan Wilayah Biak Numfor Adakan Kerja Bakti di TMP Cendrawasih

“Sedangkan pemasangan penangkal petir indoor atau MOV digunakan untuk mengatasi sambaran petir tidak langsung, yakni sambaran yang pada dasarnya tidak mengenai lokasi bangunan atau jauh diluar lokasi namun induksi atau lonjakan listriknya dapat merambat masuk ke jaringan instalasi listrik di bangunan, sehingga dapat merusak peralatan elektronik. Untuk pengamanannya maka dipasang MOV (Metal Oxide Varistor) yaitu perangkat yang dipasang pada jaringan daya, difungsikan untuk memotong atau membelokkan lonjakan arus atau tegangan petir ke dalam grounding”, tambahnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel