Berita

PEMBERDAYAAN WILAYAH PERTAHANAN DAN BELA NEGARA

Dibaca: 218 Oleh 16 Mei 2010Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Bengkayang – Bertepatan dengan hari bhakti TNI Angkatan Udara yang ke-62, Tim penyuluh Satgas Bhakti TNI Terpadu tahun 2009 wilayah Kalbar melaksanakan penyuluhan tentang bela Negara kepada masyarakat Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang di kantor Camat Jagoi Babang. (Rabu, 29/07).

 

“Bela Negara sebagai hak dan kewajiban warga Negara sebagaimana tercantum dalam pasal 30 UUD 1945 harus dilaksanakan” kata Wadansatgas Mayor Mukafi yang juga menjadi narasumber dalam acara ini. Selain menjelaskan pengertian bela Negara Mukafi dan di dampingi Kapten Inf. Khoesnan tim penyuluh juga memberikan bentuk dan contoh-contoh riil bela Negara yang dapat dilakukan oleh masyarakat Jagoi Babang tanpa harus mengangkat senjata.

 

Menyoal kenapa Jagoi Babang menjadi sasaran penyuluhan bela Negara, Mukafi usai acara mengatakan Kecamatan Jagoi merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga Malaysia, jadi masyarakat perlu diberikan masukan-masukan perihal bela Negara sebagai upaya pemberdayaan wilayah pertahanan dan meminta saran serta informasi dari masyarakat untuk kebaikan pembangunan daerah perbatasan.

Baca juga:  PIA AG RANTING 07-4/G II STAF PANGKALAN LANUD SULAIMAN RAIH JUARA PERTAMA

 

Selain diikuti oleh para tokoh adat, agama, LSM, tokoh pemuda dan aparat desa se Kecamatan Jagoi Babang juga diikuti oleh mahasiswa Universitas Tanjungpura yang sedangb melaksanakan KKN. “Kegiatan semacam ini sangat perlu dan hendaknya diadakan secara berkala untuk memupuk nasionalisme masyarakat Jagoi khususnya para pemuda sebagai generasi penerus bangsa” kata Nilasuwarna salah satu peserta penyuluhan dari Desa Gersik yang antusias mengikuti.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel