TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

PEMBINAAN FISIK PERSONEL MAKOOPSAU I

By 06 Sep 2013Berita
Mustangsatriamandala

“Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat” Pepatah tersebut tercermin dalam kegiatan pembinaan fisik pagi hari yang dilakukan oleh Anggota Makoopsau I untuk meningkatkan kesegaran jasmani dan ketahanan fisik dalam rangka mendukung tugas pokok.

Oleh sebab itu Sesuai arahan Pangkoopsau I Marsda TNI M. Syaugi, S.Sos kepada Kas Koopsau I Marsma TNI Dedy Nitakomara, S.E tentang pembinaan personel yang overweight, di Makoopsau I, Jumat (6/9). Dan ditemukan sebanyak 75 personel Makoopsau I mengalami kelebihan berat badan atau overwieght. Data ini merupakan hasil dari pengecekan pada Program Indeks Masa Tubuh Badan Gemuk yang dilaksanakan Satkes Denma Koopsau I.

Sebagian besar Personel Koopsau I memang tidak berbadan gemuk. Melainkan, memiliki postur tubuh yang stabil alias tidak terlalu gemuk. Namun, tidak semua anggota militer memiliki badan yang ideal. Bisa dibayangkan bagaimana terengah-engahnya jika berlari di bawah terik matahari yang posisinya berada di atas kepala. Selain terengah-engah, juga harus menahan keringat yang mengucur di tengah terik matahari.

Namun, hal itu tidak berlaku bagi semua personel. Melainkan bagi anggota yang berbadan gemuk yang masuk kategori tersebut tidak bisa menolak, meski sebenarnya ada rasa malas berlari dengan menggunakan jaket parasit, namun Anggota Koopsau I tetap melakukan dengan bergembira dan senang hati.

Bukan hanya nafasnya yang ngos-ngosan, sebagian besar dari mereka harus mandi keringat. Dari ujung kaki hingga kepala merasa kepanasan, demi lemak badan hancur, tujuannya untuk menurunkan berat badan yang memiliki ukuran badan jumbo agar mempunyai ukuran tubuh ideal. ”Kalau ada yang merasa tidak kuat, tidak apa-apa tidak ikut lari tapi jalan saja yang penting 1 jam agar lemak di tubuh bisa berkurang,” kata Kas Koopsau I.

Kakes Koopsau I Kolonel Kes dr. Keke Chandra mengatakan, pihaknya telah melakukan pengecekan berat badan kepada 484 anggota Koopsau I, setelah diukur dengan metode tinggi dan berat badan dikurangi 110, di dapati 40% personel diantaranya mengalami overwight.

Lebih lanjut Kas Koopsau I mengatakan bahwa bagi anggota yang kelebihan berat badan, akan mendapatkan program yang simultan untuk mengembalikan berat badannya ke ukuran proporsional.

“Programnya adalah lari pagi yang dilakukan setiap hari kerja selama 1 jam mulai dari pukul 07.30 WIB sampai dengan 08.30 WIB, dan akan dilihat perubahannya dalam tiga bulan kedepan. Idealnya, mencapai berat badan yang sudah dibuatkan tabel dan yang sudah disosialisasikan oleh Diskesau sebagai toleransi. ”Program ini dilakukan 5 kali dalam seminggu.

Di samping untuk menurunkan berat badan yang overweight, juga untuk menjaga kesehatan mereka. Sebab, sebagai anggota Militer memang harus lincah dan cekatan. Sedangkan yang mengalami obesitas cenderung kurang lincah. Maklum, mereka yang gemuk cenderung berat membawa badan sendiri. ”Jadi, tidak ada unsur untuk melakukan penyiksaan kepada anggota. Program ini untuk kesehatan pembentukan tubuh anggota menjadi ideal,” jelas Kas Koopsau I.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

PEMBINAAN FISIK PERSONEL MAKOOPSAU I