Berita

Pembinaan Mental Bagian Pembinaan Personel TNI AU

Dibaca: 287 Oleh 18 Apr 2013Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Pembinaan mental merupakan bagian dari pembinaan personel TNI terhadap implementasi dari pembinaan kemampuan dan kekuatan TNI, yang bertujuan agar setiap prajurit TNI dalam setiap tindakannya senantiasa dilandasi moral, semangat dan kesadaran yang tinggi serta diarahkan untuk membentuk insan prajurit yang bertumpu pada jati dirinya dan dibina secara selaras dan seimbang antara mental, fisik dan intelektual. Untuk itu, tingkat kemampuan fisik dan intelektual prajurit dapat diperkuat dengan moralitas dan semangat kejuangan tangguh.

Demikian sambutan tertulis Kasau yang dibacakan Wakasau Marsdya TNI Boy Syahril Qamar pada acara Pembukaan Pembekalan Perwira Bintal TNI AU di Mabesau, Cilangkap Rabu (17/4)

Dikatakan, hakekat unsur mental, fisik dan intelektual merupakan satu kesatuan yang terintegrasi secara utuh dan tidak dapat dipisahkan. Untuk itu, pembinaan mental prajurit TNI dilaksanakan secara selaras, serasi dan seimbang serta terintegrasi yang meliputi fungsi bintal rohani, bintal ideologi, bintal tradisi kejuangan dan bintal psikologi.

“Personel TNI Angkatan Udara saat ini dan kedepan memiliki mentalitas, disiplin dan loyalitas rendah dalam melaksanakan tugasnya sebab tantangan yang dihadapi nantinya lebih berat dibandingkan saat sekarang. Oleh karena itu berkualitas atau tidaknya prajurit TNI Angkatan Udara, salah satu faktornya ditentukan sejauhmana para prajurit tersebut menerima intensitas pembinaan mental,” tegas Kasau

Baca juga:  Pantukir Calon Taruna AAU di Lanud Halim PK

Dengan demikian, hal tersebut merupakan suatu tantangan yang cukup berat bagi personel dibidang pembinaan mental, untuk itu dituntut memiliki kepekaan dan kreatifitas yang tinggi antara lain dengan mengubah pola pikir, pola sikap dan pola tindak terhadap kebiasaan selama ini yang bersifat stagnasi dibidang pembinaan mental.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel