Berita

Pembuatan Lubang Biopori di Lanud Sam Ratulangi

Dibaca: 4 Oleh 08 Sep 2014Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-69 TNI Tahun 2014, lanud Sam Ratulangi melaksanakan pembuatan lubang resapan biopori yang tersebar di lingkungan Mako Lanud Sam Ratulangi dan Seputaran kompleks yang dimulai, Senin (8/9).

Lubang resapan biopori adalah metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah dimana dibuat lubang pada tanah yang ditimbun dengan sampah organik yang menghasilkan kompos untuk menghidupi fauna tanah dan mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah.

Kegiatan ini merupakan kepedulian Lanud Sam Ratulangi terhadap kelestarian lingkungan sekitar serta dukungan akan gerakan satu juta lubang resapan biopori yang dicanangkan TNI dalam memperingati hari jadinya, kegiatan ini dilaksanakan secara serentak.

Sejumlah kalangan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut untuk menjaga kebersihan lingkungan, karena setiap warga negara berhak mendapatkan lingkungan yang sehat, air dan udara bersih. Aksi ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan perubahan perilaku masyarakat bahwa pembuatan lubang resapan biopori tidak hanya berdampak bagi lingkungan, tetapi juga dapat meningkatkan ketahanan lingkungan dari dampak perubahan iklim.

Baca juga:  Lanud Sutan Sjahrir Ziarah ke TMP Kusuma Negara Padang Berjalan Khidmat

Lubang resapan biopori merupakan contoh yang sederhana yang baik, murah, dan mudah untuk diterapkan di masyarakat. Selain untuk konservasi sumberdaya air hujan, sekaligus sebagai sarana dan prasarana mengolah sampah organik menjadi kompos.

Selain itu pula pembuatan lubang biopori ini merupakan salah satu bagian dari membangkitkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lubang resapan biopori,dan dalam jangka panjang merupakan penyimpanan cadangan air dan mencegah bencana banjir dan tanah longsor.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel