Berita

Pembukaan Dikkualsus Ground Handling A-II di Skadron Teknik 044

Oleh 14 Okt 2019 Oktober 16th, 2019 Tidak ada komentar
Pembukaan Dikkualsus Ground Handling A-II di Skadron Teknik 044
#TNIAU 

TNI AU. Komandan Pangkalan TNI AU Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI H.Haris Haryanto, S.I.P pimpin upacara pembukaan Pendidikan Kualifikasi Khusus (Dikkualsus) Ground Support/Handling TNI AU Angkatan ke-II di Hanggar Skadron Teknik 044 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Senin (14/10).

Dalam sambutannya Danlanud menyampaikan bahwa kegiatan penerbangan merupakan suatu sistem yang mengharuskan subsistemnya untuk prosedural, profesional dan senantiasa mengutamakan keselamatan terbang dan kerja agar kegiatan penerbangan selalu aman, lancar dan selamat. Hal ini dikarenakan dalam dunia penerbangan mengandung tingkat bahaya yang tinggi juga biaya yang besar apabila tidak prosedural.

“Salah satu sistem dalam kegiatan penerbangan adalah ground handling atau pendukung operasional pesawat di darat. Ground handling diperlukan karena berperan dalam mengatur segala operasional yang dibutuhkan pesawat terbang pada saat landing maupun take off di suatu pangkalan udara. Tugas ground handling adalah menangani segala kebutuhan penerbangan di pangkalan udara maupun bandara saat tinggal landas maupun pada saat mau mendarat dan pelayanan cargo seperti penumpang bagasi, kargo dan pos,” lanjut Danlanud.

Baca juga:  Asah Naluri Tempur, Prajurit Kosekhanudnas IV Biak Laksanakan Latihan Menembak

Ditambahkan, bahwa guna mempersiapkan personel ground handling TNI AU yang profesional, pada kesempatan ini dilaksanakan pendidikan kualifikasi khusus ground handling angkatan ke-2. Pendidikan diikuti 26 personel dari berbagai pangkalan TNI AU maupun satuan kerja yang secara langsung maupun tidak langsung melayani operasional penerbangan selama satu bulan ke depan. Pendidikan ini bertujuan agar dicapai kesiapan personel TNI AU yang memiliki kualifikasi khusus ground handling yang handal sesuai syarat-syarat yang diperlukan, sehingga operasional penerbangan di pangkalan udara dapat berjalan dengan cepat, aman dan lancar.Pendidikan Ground Handling Angkatan ke-II diikuti oleh Bintara dan Tamtama TNI AU dari berbagai satuan TNI AU, selama sebulan ke depan. Turut hadir dalam acara tersebut Komandan Wing udara 5, para kepala dinas, para komandan satuan, dan pejabat staf, Bintara dan Tamtama Skadron Teknik 044 Lanud Sultan Hasanuddin Makassar.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel