TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Pembukaan Gelar Operasi Gaktib dan Yustisi Ta. 2017

By 26 Jan 2017 16:34Berita
2015-06-02_00002

Segenap anggota Lanud Surabaya mengikuti Upacara Pembukaan Gelar Operasi Gaktib dan Yustisi Ta. 2017 di lapangan Makodam V/Brawijaya dengan Inspektur Upacara Komandan Kogartap III/Surabaya, Mayjen TNI I Made Sukadana, S.IP. Kamis (26/01). Tema Operasi Gaktib dan Yustisi tahun ini adalah “Melalui Operasi Gaktib dan Yustisi TA 2017, Polisi Militer TNI Bertekad Meningkatkan Disiplin, Loyalitas, Moralitas dan Kepatuhan Hukum Guna mewujudkan TNI Yang Kuat, Hebat, Profesional dan Dicintai Rakyat”.

Dalam sambutan Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang dibacakan oleh Komandan Kogartap III/Surabaya menyampaikan bahwa, “Berdasarkan evaluasi hasil Operasi Gaktib dan Yustisi tahun 2016 secara umum terjadi penurunan pada perkara pidana, tetapi terjadi peningkatan pada pelanggaran disiplin. Adapun perkara yang menonjol meliputi tindak pidana desersi, penyalahgunaan narkoba, dan pelanggran lalu lintas. Sasaran penyelenggaraan Operasi Gaktib dan Yustisi tahun 2017 adalah meningkatkan disiplin dan tata tertib serta kepatuhan hukum Prajurit TNI maupun PNS TNI yang bebas dari penyakit masyarakat seperti judi, miras, narkoba, dan penyalahgunaan barang-barang terlarang lainnya, peredaran uang palsu, pungutan liar (pungli), penyimpangan ideologi serta pelanggaran hukum lainnya, sehingga diharapkan akan terwujud prajurit TNI yang memiliki jiwa patriot sejati, profesional, dan dicintai rakyat guna mendukung pencapaian tugas pokok TNI”.

Lebih lanjut dikatakan Panglima TNI dalam amanat tertulisnya, “Melalui upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan keinsyafan bahwa pada suatu tatanan kehidupan sebagai prajurit, terdapat ketentuan mengikat, mengatur dan membatasi setiap perilaku para prajurit TNI, baik pada konteks kedinasan maupun pada konteks kehidupan bermasyarakat”.

Acara diawali dengan pemerikasaan pasukan dilanjutkan penyematan tanda Operasi Gaktib dan Yustisi tahun 2017 kepada para perwakilan anggota Polisi Militer oleh Inspektur Upacara. Setelah itu dilaksanakan pembacaan tekad dan amanat. Usai pelaksanaan upacara juga dilaksanakan acara tambahan yaitu Show of Force kendaraan Polisi Militer Gabungan.

Turut hadir pada Upacara Gelar Operasi Gaktib dan Yustisi Ta. 2017 adalah Wakapolda Jatim, Kasgartap III/Surabaya dan para pejabat TNI-Polri se-wilayah Kogartap III/Surabaya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pembukaan Gelar Operasi Gaktib dan Yustisi Ta. 2017