Berita

Pembukaan Pelatihan Peer Leader Pencegahan HIV-Aids Di Lanud Surabaya

Dibaca: 21 Oleh 26 Okt 2016Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Bertempat di Gedung Hercules Lanud Surabaya, sebanyak 30 orang anggota Lanud Surabaya mengikuti Pelatihan Peer Leader Pencegahan HIV-Aids dari Dinas Kesehatan TNI AU (Diskesau). Selasa (25/10). Hadir pada pembukaan Pelatihan Peer Leader Pencegahan HIV-Aids adalah Komandan Lanud Surabaya, Kolonel Pnb Rudy Iskandar dan para pejabat Lanud Surabaya serta para Perwira Lanud Surabaya.

Dalam sambutannya, Komandan Lanud Surabaya menyampaikan, “Pada kesempatan yang baik ini, kami berharap pengalaman, wawasan serta pengetahuan yang bapak (tim Diskesau) miliki terutama yang berkaitan dengan bidang Peer Leader HIV-Aids dapat ditransfer kepada prajurit kami. Saya yakin, segala sesuatu yang akan disampaikan dapat bermanfaat bagi kami dalam pelaksanaan tugas sehari – hari dengan penuh harapan keluarga besar TNI AU Surabaya dapat terhindar dari penyakit HIV-Aids. Kepada para peserta hendaknya dengan sungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini agar didapat hasil yang maksimal, terutama bagi para perwira yang nantinya berada paling terdepan dalam pelaksanaan di lapangan”.

Dan pada sambutan Kadiskesau yang dibacakan oleh Kasi Bata PNS Subdisbinprofkes Diskesau sekaligus sebagai ketua tim, Letkol Kes Djoko Suryanto, S.E., M.M., menyampaikan, ”Seiring pengaruh globalisasi dan perubahan gaya hidup pada sebagian masyarakat di Indonesia, maka pola perilaku dan sisitim nilai pada masyarakat ikut berubah, antara lain dengan meningkatnya kasus penyakit HIV yang sebagian besar tertular akibat perilaku yang tidak aman dan penggunaan jarum suntik bergantian pada pecandu narkoba. Sebagai instansi pembina fungsi kesehatan di lingkungan TNI AU, Diskesau mengantisipasi permasalahan ini dengan kegiatan prefentif berupa penyebaran informasi tentang HIV serta pencegahan penularan HIV dan penyakit menular seksual lainnya yang secara paralel juga meningkat kasusnya”.

Baca juga:  Go Green Muspusdirla.

Lebih lanjut dikatakan Kadiskesau dalam sambutannya, ”Salah satu upaya pencegahan HIV di TNI AU adalah berupa penyebaran informasi tentang HIV termasuk diantaranya adalah pelatihan Peer Leader atau kepemimpinan sebaya di bidang HIV. Pendekatan kepemimpinan sebaya atau Peer Leader bersifat edukatif preventif dalam mengubah perilaku melalui tahapan mengetahui, memahami, dan menerapkan informasi yang telah diterimanya”.

Pelatihan Peer Leader ini rencana dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 25 sampai dengan 26 Oktober 2016.

 

 

 

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel