Berita

PEMBUKAAN PELAYANAN TEKNOLOGI MODIFIKASI CUACA

Dibaca: 4 Oleh 25 Jun 2010Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Guna meningkatkan debit air waduk Koto Panjang dan debit Air Danau Singkarak untuk keperluan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Gubernur propinsi Riau dalam hal ini diwakili oleh Asisten II bidang perekonomian dan pembangunan, Emrizal Pakis membuka secara resmi kegiatan pelayanan teknologi modifikasi cuaca (Hujan Buatan) yang berlangsung di ruang rapat Baseops Lanud Pekanbaru, Selasa (22/6)

Pelayanan Teknologi Modifikasi Cuaca ini merupakan upaya yang dilakukan PLN untuk menjaga ketersediaan listrik di propinsi Riau dan Sumatera Barat terutama menjelang musim kemarau pada bulan-bulan yang akan datang. Adapun pada pelaksanan kegiatan hujan buatan ini merupakan kerjasama BPPT, Pemprov Riau, PLN, TNI AU, BMKG, dan PT Angkasa Pura II dengan tujuan meningkatkan kemampuan pasokan daya listrik yang dikelola oleh Perusahaan Listrik Negara bagian Sumbagut dan Sumbagsel. Kegiatan ini akan berlangsung hingga Oktober nanti dengan menggunakan pesawat jenis Cassa 212.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Unit Defisi Hujan Buatan BPPT ini akan memanfaatkan awan yang dimodifikasi sehingga dapat menjadi hujan dengan waktu dan tempat yang disesuaikan dengan kebutuhan. Hujan buatan pada prinsipnya bukan hujan yang dibuat oleh manusia namun hasil modifikasi teknologi yang memanfaatkan awan dengan menambahkan kandungan-kandungan tertentu pada awan tersebut sehingga meningkatkan pertumbuhan awan. Penyebaran bahan “bibit hujan“ pada awan tersebut menggunakan pesawat terbang dengan memperhatikan kondisi yang akurat tentang jenis awan, arah angin, kelembaban dan tekanan udara.

Baca juga:  TAUSIYAH AA GYM MEMPERINGATI MAULID NABI DI LANUD HUSEIN SASTRANEGARA

Defisi Hujan Buatan BPPT ini mendirikan posko operasional di Lanud Pekanbaru dan didukung dengan radar mobile yang akan menyajikan informasi yang berkaitan dengan kegiatan tersebut. Direncanakan setiap hari pesawat cassa 212 akan melaksanakan penyebaran “benih-benih hujan“ tersebut sebanyak empat sorties setiap hari dengan ketinggian diatas 10.000 fit.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel