TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Pemeliharaan Repeater Kenwood Tkr 870 Senkom Lanud D. Dumatubun

By 10 Mar 2017Berita
emb-314

Pemeliharaan peralatan komunikasi repeater merupakan suatu program kerja dari Sentral Komunikasi yang telah terencana guna mendukung berjalannya operasi komunikasi di tingkat satuan dengan baik. Hal tersebut dikatakan Kepala Sentral Komunikasi Lanud Dominicus Dumatubun, Kapten Lek Widi Sulistyo Hutomo, S.T. saat memimpin langsung kegiatan pemeliharaan rutin perangkat Repeater Kenwood TKR 870 yang bertempat di Tower TVRI Kota Tual, pada Hari Senin (06/03).

Dalam kegiatan tersebut selain tim dari Senkom Lanud D. Dumatubun, Kasenkom pun juga melibatkan mitra dari luar TNI AU yaitu dari pihak ORARI Kota Tual, Maluku Tenggara guna turut serta. “ORARI merupakan mitra TNI AU yang strategis, karena ORARI memiliki jaringan yang sudah terkenal luas dan sudah memiliki banyak pengalaman dalam berbagai penyelenggaraan operasi komunikasi khususnya dalam giat komunikasi radio, baik itu dalam level komunikasi radio HF, VHF, maupun UHF”, ujar Kasenkom.

Lebih lanjut Kasenkom Lanud Dominicus Dumatubun mengatakan bahwa, Repeater merupakan salah satu perangkat komunikasi yang mempunyai peran sangat vital bagi keberlangsungan kegiatan operasi komunikasi, khususnya dalam komunikasi markas dan tergolong dalam perangkat Sistem Pengamanan Pangkalan (Sispamlan). Repeater memiliki fungsi untuk me-relay dan menguatkan sinyal informasi/audio yang berbentuk gelombang elektromagnetik (RF) sehingga jarak jangkauan atau coverage dari penerimaannya menjadi luas.

Selain itu disampaikan pula bahwasanya penempatan antena repeater selalu ditempatkan di tempat yang memiliki ketinggian maksimal. Hal tersebut dikarenakan media pentransmisian sinyal harus bersifat LOS ( Line Of Sight) yang berarti tidak boleh ada obstacle yang menghalangi antara antena repeater dengan antena perangkat radio penerima (HT). Kegiatan pemeliharaan repeater Kenwood TKR 870 dilakukan sesuai dengan prosedur keamanan kerja dan diakhiri dengan pengetesan komunikasi antar radio penerima yang hasilnya komunikasi radio via repeater berfungsi dengan baik dan lancar.

 

SWAYASA
Next Post

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Pemeliharaan Repeater Kenwood Tkr 870 Senkom Lanud D. Dumatubun