Berita

Pemeriksaan HIV/AIDS dan Hepatitis di Makoopsau I

Dibaca: 12 Oleh 04 Nov 2014Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Sebagai upaya deteksi dini sekaligus cegah dini bagi para personel Makoopsau I dari penyebaran penyakit HIV/AIDS dan Hepatitis, Satkes Denma Koopsau I melaksanakan pemeriksaan bagi personel militer serta PNS di lingkungan Makoopsau I, bertempat di gedung serbaguna Makoopsau I, kegiatan dilaksanakan setelah upacara bendera mingguan, Senin (3/11).

Kegiatan ini adalah merupakan bagian dari program kerja Staf Kesehatan Koopsau I yang dipimpin oleh Kepala Kesehatan (Kakes) Koopsau I Kolonel Kes dr. Keke Chandra dan didukung sepenuhnya oleh Pangkoopsau I Marsda TNI A. Dwi Putranto untuk mengetahui dan pencegahan dini dari HIV / AIDS serta Hepatitis dilingkungan Makoopsau I .

Sebelum pemeriksaan dimulai Kakes memberikan sedikit penjelasan untuk dapat dipahami oleh seluruh Personel tentang HIV / AIDS serta gejala-gejala yang dapat terjadi. Dalam penjelasannya Kakes menjelaskan bahwa HIV merupakan singkatan dari ’human immunodeficiency virus’. HIV merupakan retrovirus yang menjangkiti sel-sel sistem kekebalan tubuh manusia (terutama CD4 positive T-sel dan macrophages– komponen-komponen utama sistem kekebalan sel), dan menghancurkan atau mengganggu fungsinya. Infeksi virus ini mengakibatkan terjadinya penurunan sistem kekebalan yang terus-menerus,yang akan mengakibatkan defisiensi kekebalan tubuh.

Baca juga:  Binpotdirga Iskandar Melaksanakan Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah Tahun Ajaran 2019/2020

Lebih lanjut Kakes menjelaskan “Kebanyakan orang yang terinfeksi virus HIV tidak menyadari akan status HIV mereka, untuk itu pengujian tes HIV secara berkala penting untuk dilakukan, karena dapat mengurangi berkembangnya epidemi HIV serta dengan pendeteksian dini ini dapat meningkatkan pengobatan bagi penderita HIV”, jelasnya. 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel