Berita

Pemeriksaan IVA di Lanud Suryadarma Kalijati

Dibaca: 15 Oleh 07 Mar 2017Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Persatuan Istri Angkatan Udara (PIA) Ardhya Garini Cabang 5 / D I Lanud Suryadarma melaksanakan program pemeriksaan/deteksi Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) untuk Wara, Pegawai Negeri Sipil wanita dan para istri prajurit yang berdinas di lingkungan Lanud Suryadarma, dilaksanakan di Rumah Sakit Lanud Suryadarma Kalijati,Subang. Selasa (7/3).

Ny. Devi Suparmono selaku Ketua PIA A.G. Cab 5 / D I Lanud Suryadarma menyampaikan, kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama antara PIA A.G. Cab 5 / D I Lanud Suryadarma dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Subang yang di wakili oleh kepala Bidang P2P dokter Indriyati Oetomo. “ Sebagai deteksi dini bagi wanita terhadap ancaman kanker servik atau mulut rahim penyakit ini biasanya tidak diketahui dan tidak disadari oleh penderitanya hal ini disebabkan oleh karena keengganan para ibu atau wanita untuk memeriksakan kesehatan leher rahimnya dan kurangnyua pengetahuan tentang penyakit tersebut”. jelasnya Ny. Devi Suparmono

“Melalui pemeriksaan IVA ini diharapkan para kaum wanita dapat mendeteksi secara dini penyakit yang bisa mematikan sehingga bisa melakukan penangan dengan baik serta langkah penyegahan dan pengobatannya”. Tambahnya.

Baca juga:  UPACARA 17-AN DI LANUD ABD SALEH

Sementara itu dalam ceramahnya dr Indriyati menyebutkan salah satu program pemeriksaan IVA ini adalah sebagai upaya Preventif dalam mencegah sekaligus deteksi dini terhadap kemungkinan munculnya penyakit Kanker Serviks tersebut, mengingat kesadaran tentang pemeriksaan IVA ini masih sangat rendah. Pemeriksaan Kanker Serviks ini menggunakan metode Inspeksi Visual menggunakan Asam Asetat (IVA) dimana berfungsi untuk mendeteksi sel Abnormal pada lapisan Serviks sebelum menjadi prakanker Serviks dan kemudian berkembang menjadi kanker.

Lebih jauh diberikan pula pemahaman kepada seluruh ibu-ibu PIA A.G. Cab 5 / D I Lanud Suryadarma bahwa kanker ternyata bukanlah penyakit keturunan melainkan disebabkan oleh adanya virus yang bernama HPV (Human Papiloma Virus), demikian menurut dr Indriyanti.

Hadir pada acara pertemuan kali ini wakil ketua PIA A.G. Cab 5 / D I Lanud Suryadarma Ny Sapuan, Ibu-ibu pengurus PIA A.G. Cab 5 / D I serta seluruh istri prajurit yang berdinas di lingkungan Lanud Suryadarma Kalijati.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel