Berita

Penanaman Pohon Manggrove Lanud Sam Ratulangi di Pantai Meras Kec. Bunaken

By 29 Mar 2019 April 1st, 2019 No Comments
IMG-20190329-WA0036
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU. Dalam rangka memeriahkan bulan Dirgantara Nasional dan memperingati HUT TNI AU ke 73 Lanud Sam Ratulangi kembali melaksanakan kegiatan penanaman pohon bekerja sama dengan Fakultas Pariwisata Unika Dela Salle Kamis (28/3). Kegiatan ini juga merupakan aksi sosial peduli lingkungan yang dilaksanakan dalam rangka pemilihan Putra Putri Dirgantara Tahun 2019 yang di laksanakan oleh Lanud Sam Ratulangi bekerjasama dengan Fakultas Pariwisata Unika Dela Salle.

Aksi penanaman pohon manggrove secara simbolis dilakukan oleh Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Nav Insan Nanjaya SH. M. Avn. M.gt. didampingi oleh ketua Pia Ardyagarini Lanud Sam Ratulangi, Ibu Griswanti Insan Nanjaya, Dekan Fakultas Pariwisata Unika Dela Salle, Dr. Stevanus Ngenget, kepala Badan Taman Nasional Bunaken Ibu Dr. Farianna Prabandari, serta Ibu Jelly Walansendow SE. Selaku Dosen dan ketua panitia Dies Natalis Fakultas Pariwisata Unika Dela Salle.

Ratusan bibit pohon manggrove ditanam di pantai desa Meras kecamatan Bunaken oleh Mahasiswa Unika Dela Salle bersama anggota Lanud Sam Ratulangi, para pecinta lingkungan hidup, pemerintah dan toko masyarakat desa Meras kec. Bunaken. Dalam sambutannya Komandan Lanud Sam Ratulangi mengatakan bahwa kegiatan penanaman pohon merupakan bagian dari tugas TNI ( OMSP ) dalam membantu pemerintah Daerah. Danlanud juga mengatakan bahwa aksi penanaman pohon Manggrove ini merupakan bukti nyata kepedulian TNI AU terhadap pelestarian alam sekitar yang telah memeberikan manfaat bagi kelangsungan makhluk hidup.

Dekan Fakultas Pariwisata Dr. Stevanus Ngenget dalam sambutannya mengatakan peran penting dunia pendidikan dalam memberikan kontribusi yang bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan. Lebih lanjut Dekan menegaskan bahwa pelaku utama industri Pariwisata harus menanamkan kesadaran tentang lingkungan hidup agar dapat dimanfaatkan untuk generasi berikutnya.

Sementara kepala Badan Taman Nasional Bunaken Ibu Dr. Farianna Prabandari mengatakan bahwa Lingkungan hidup harus di manfaatkan bagi manusia, tetapi manusia juga memiliki kewajiban untuk melestarikannya. Kegiatan penanaman pohon manggrove di tepi pantai ini bertujuan untuk kelangsungan hidup ikan ikan dan terumbu karang agar selalu lestari dan terus menerus ada. Disamping itu penanamaan pohon manggrove juga bertujuan untuk mencegah abrasi air laut ke tepi pantai. Kegiatan penanaman pohon manggrove Lanud Sam Ratulangi di mulai pukul 08.00 dan selesai pukul 11.00 wita.

Leave a Reply