Berita

PENANGGULANGAN GAWAT DARURAT DI BANDARA HALIM PERDANAKUSUMA

Oleh 14 Mei 2010 Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Dalam rangka mengantisipasi ancaman terhadap bahaya kebakaran dan kecelakaan pesawat udara maupun bentuk ancaman lainnya terhadap keselamatan dan keamanan digelar Latihan Penangulangan Gawat Darurat di Bandara Halim Perdanakusuma, Kamis (6/12).

 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi organisasi penanganan gawat darurat penerbangan dan tindakan masing-masing unsure/satgas, serta sebagai implementasi prosedur yang tertera dalam AEP dilapangan dalam hal komunikasi, koordinasi dan system komando antar unit fungsional baik dalam lingkup internal maupun eksternal lainnya yang terkait dengan Bandara Udara Halim Perdanakusuma didalam menangani keadaan Gawat Darurat Penerbangan.

 

Bram Bharoto Tjiptadi, SE selaku Direktur Latihan dalam sambutannya mengatakan, latihan ini dimaksud untuk menguji dan meningkatkan kesiapan serta ketrampilan personil terkait beserta perlengkapannya dalam menanggulangi kondisi gawat darurat di Bandara Udara Halim Perdanakusuma.

 

Latihan tersebut diskenariokan sebuah pesawat jenis FK-50 milik perusahaan penerbangan Flamingo Air dengan nomor penerbangan FG 612 route penerbangan Jakarta – Semarang dengan jumlah penumpang dan awak pesawat 52 orang, dimana beberapa saat setelah tinggal landas dari runway 24 Bandara Halim Perdanakusuma, FG 612 melaporkan ke Jakarta Approch Radar dan Tower Halim mengenai adanya gangguan mesin, selanjutnya Pilot memutuskan untuk kembali mendarat. Pada detik-detik akan melakukan pendaratan salah satu mesinnya terbakar sehingga saat melakukan pendaratan pesawat keluar dari runway meledak dan terbakar. Dalam waktu yang relatif singkat sesuai dengan prosedur, Tim Penanggulangan Gawat Darurat Penerbangan yang terdiri dari berbagai unsure/satgas segera tiba ditempat kejadian secara berurutan sesuai dengan fungsi dan tugasnya masing-masing.

 

Latihan yang melibatkan 350 personil tersebut terdiri dari PK Lanud Halim Perdanakusuma, Ruspau Lanud Halim Perdanakusuma, Paskhas 461 Halim Perdanakusuma serta unit-unit fungsional internal dan eksternal Bandara Halim Perdanakusuma yang terkait. ***Penlanud Hlim P.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel