Berita

Penanggulangan Gempa Padang: Pesawat Hercules C-130 TNI AU Terbang 100 Sorties

Dibaca: 33 Oleh 18 Mei 2010Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Memasuki hari ke 19, tanggal 19 Oktober 2009 pesawat Hercules C-130 telah menghantar bantuan sosial ke Padang melalui Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta telah mencatat jumlah penerbangan 100 sorties dari pesawat yang disiagakan dalam mendukung angkutan udara dari Jakarta menuju Padang.

 

Pesawat yang selalu disiagakan masing-masing pesawat Hercules C-130, dengan tail number A-1320, A-1321, dan A-1326 dari Skadron Udara 31 serta A-1310 dari Skadron Udara 32

 

Pesawat angkut berat dari dua Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta dan Skadron Udara 32 Malang itu, membawa bantuan sosial dari berbagai instansi kedinasan dan masyarakat yang terkumpul di Posko Halim Perdanakusuma. Dengan 100 kali penerbangan ini pesawat Hercules C-150 telah mengangkut barang dengan berbagai jenis yang diberikan langsung kepada korban gempa total seberat 922 ton 270 kg.

 

Hingga saat ini TNI AU masih menerbangkan pesawat-pesawatnya dari Posko Halim hingga barang-barang bantuan habis dan dihentikannya operasi militer selain perang oleh Presiden Republik Indonesia. Pesawat yang menjadi sarana transportasi udara dengan unggulan kecepatan yang saat ini dimiliki TNI itu terlihat pengabdiannya dan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat Indonesia.

Baca juga:  LANUD ABD SALEH BENTUK SSB ANGKASA

 

Petugas siap siaga tanpa mengenal lelah siang dan malam yang berada di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta dan Lanud Padang, itu meliputi para pejabat operasional yang berdiri di belakang meja Pusat Komando Pengendalian Operasi (Puskodal), PLLU (pengatur lalu lintas udara), para Penerbang, Air Crew, dan para petugas pendukung tanpa kecuali siap sedia menaikkan dan menurunkan barang bantuan.

 

Penerbangan 100 sorties ini diluar penerbangan pesawat-pesawat negara sahabat yang operasionalnya juga dikendalikan oleh posko bansos dan Pusat Komando Pengendalian Operasi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel