Berita

Penanggulangan Huru Hara di Lanud Surabaya

Dibaca: 15 Oleh 20 Nov 2015Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Beberapa pendukung dari salah satu kandidat kepala daerah yang kalah dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dilaksanakan secara serentak melaksanakan aksi demo di Lanud Surabaya. Kamis (19/11). Kondisi politik yang memanas dalam persaingan politik berdasarkan informasi intelijen adanya kampanye hitam yang saling menyebar fitnah, sehingga kondisi keamanan menjadi tidak kondusif umumnya di wilayah kota Surabaya.

Sebelumnya, situasi itu telah diketahui intelijen Lanud Surabaya, setelah diadakan koordinasi TNI dan Polri maka komando atas memerintahkan untuk menyiapkan tim pengendali huru hara untuk mengamankan Lanud Surabaya dan aset-aset yang ada di Surabaya dan di lingkungan Lanud Surabaya.

Melihat situasi dan kondisi di lapangan seperti itu, maka Lanud Surabaya mengerahkan 1 SSK pasukan pengendali huru hara. Dengan kedatngan pasukan huru hara dari Lanud , warga semakin menjadi. Tim negosiasi juga turun tangan, sayangnya tidak ada kesepakatan. Terjadilah aksi melempari petugas dan saling dorong. Akhirnya pendemo semakin brutal dan terjadilah bentrok dengan petugas. Setelah pihak Lanud melaksanakan negosiasi kembali dan mendapatkan kesepakatan, akhirnya pendemo membubarkan diri.

Baca juga:  USUP MANSYUR CERAMAHI 3.730 WARGA ATANG SENDJAJA

Kegiatan tersebut merupan skenario rangkaian penanggulangan aksi demo oleh pasukan Penganggulangan Huru Hara (Dalhura) Lanud Surabaya. Oleh karena itu, dengan adanya latihan ini diharapkan seluruh pasukan mendapatkan bekal teori sekaligus praktek di lapangan sehingga dapat meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan penanggulangan huru hara oleh aksi-aksi demonstran yang akan mengganggu maupun menguasai Lanud Surabaya. Latihan dipimpin oleh Kasikamhanlan Lanud Surabaya, Mayor Kes Wahyudi Purnomo.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel