Berita

Penanggulangan Kebakaran di Lanud Sjamsudin Noor

Dibaca: 5 Oleh 21 Jan 2014Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Selang waktu satu jam setelah apel pagi tiba-tiba terdengar lonceng/bel panjang dan ada laporan dari Perwira Jaga Lanud Sjamsudin Noor kepada Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Esron S.B. Sinaga, S. Sos., bahwa telah terjadi kebakaran dirumah dinas Kadislog Lanud SAM Mayor Kal Sugiyarto. Komandan Lanud SAM langsung memerintahkan kepada Kadisops Lanud SAM Mayor Lek Petrus Prihatin untuk bertindak sebagai pelaksana lapangan untuk mengambil tindakan penyelamatan, pengamanan dan pemadaman kebakaran yang terjadi. Senin, (20/01).

Melalui sarana komunikasi yang dimiliki, Kadisops Lanud SAM memerintahkan seluruh jajaran satuan kerja Lanud SAM untuk segera bergerak menuju rumah dinas Kadislog Lanud SAM untuk mengambil tindakan yang diperlukan dan melaksanakan tugas sesuai tugasnya masing-masing. Anggota Lanud SAM dari satuan-satuan kerja Lanud SAM bergerak menuju rumah Kadislog dan dengan sigap untuk berusaha memadamkan kebakaran serta menyelamatkan barang-barang berharga yang ada didalam rumah. Berkat kesigapan seluruh anggota Lanud SAM dan kesiapan base resque yang dipimpin oleh Kasubsi Base Resque Letda Tek P. Napitupulu kebakaran dapat secepatnya diatasi, barang barang berharga berhasil diselamatkan dan salah satu anggota Lanud SAM yang terjebak berada didalam rumah tersebut bisa diselamatkan dan dievakuasi ke rumah sakit Lanud Sjamsudin Noor. Dari hasil penyelidikan sementara kebakaran diduga karena terjadi hubungan arus pendek pada kulkas. Akibat kebakaran tersebut ditaksir nilai kerugian sebesar puluhan juta rupiah. Kadisops Lanud SAM segera melaporkan kepada Komandan Lanud SAM bahwa kejadian kebakaran telah berhasil diatasi dan akan dilaksanakan tindakan selanjutnya yang diperlukan.

Baca juga:  Pelatihan Menghitung Beban Kerja di Mako Korpaskhas

Kejadian tersebut merupakan bagian dari skenario latihan penanggulangan bencana kebakaran yang dilaksanakan di Lanud Sjamsudin Noor. Komandan Lanud SAM mengatakan bahwa hal ini digladikan  berkaitan dengan meningkatnya ekskalasi bencana alam yang terjadi di tanah air, guna menyegarkan kembali dan melihat kesiapan tim resque beserta seluruh satuan kerja jajaran Lanud SAM, sehingga diharapkan Lanud SAM senantiasa siap dan dapat melaksanakan SAR dan penanggulangan bencana alam sewaktu-waktu diperlukan. “kita telah menjadi bagian dari masyarakat Kalimantan Selatan maka Jangan lengah sedikitpun dan tingkatkan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar, masing-masing anggota harus tahu tugas dan tanggung jawabnya, harus apa dan berbuat apa, sehingga tidak ada lagi anggota yang bertanya-tanya tentang tugas pokoknya. Hal ini guna menghindari keragu-raguan pada waktu bertugas,” tegas Danlanud SAM.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel