TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Penangkapan Jaringan Narkoba di Bandara Haluoleo

By 02 Feb 2018Berita
2018-02-05-pen-lanud-hlo-narkoba

TNI AU. Implementasi nilai sinergitas dan soliditas antara TNI AU dengan jajaran instansi di Provinsi Sulawesi Tenggara  semakin nyata, hal ini terwujud dalam keberhasilan upaya penangkapan jaringan Narkoba di Bandara Haluoleo yang dilakukan dalam hal ini oleh BNNP Sultra bersama dengan Lanud Haluoleo dan Avsec Bandara Haluoleo.

Kejadian bermula sekitar pukul 15.00 Wita dari hasil koordinasi lapangan antara Personel BNNP SulTra dengan Jajaran Satgaspam Bandara yaitu Intel, POM AU Lanud HLO dan Avsec Bandara. Bahwa akan ada penangkapan terhadap seseorang berinisial DF warga asal Kendari yang disinyalir membawa Narkoba dan menjadi penumpang Garuda GA 672 tujuan Makassar – Kendari. Kamis (01/02).

Mendengar hal tersebut, usai melaksanakan safari ke jajaran Forkopimda Sulawesi Tenggara, Danlanud HLO Kolonel Pnb Nana Resmana, SM bersama pejabat List A Lanud HLO  bergerak menuju Mako Lanud HLO guna memeriksa lebih lanjut informasi yang diberikan oleh Satgaspam Bandara.

Sekitar pukul 15.45 Wita penangkapan berhasil dilakukan dan didapat Narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 4 bungkus yang disembunyikan dalam kemasan makanan ringan jenis ikan teri kering.   DF dibawa di kantor Garuda untuk diperiksa secara manual. Kemudian tim melakukan penggeledahan terhadap barang bawaan berupa tas dan koper. Alhasil ditemukan Sabu-sabu seberat 1 kg dan 1.5 ons.

Selanjutnya pukul 16.15 Wita yang bersangkutan dibawa ke Mako Lanud Haluoleo oleh petugas Intel dan Pomau Lanud HLO guna pemeriksaan dan proses penyerahan tersangka dari Danlanud HLO ke BNNP Sultra. Pada pukul 16.30 Wita acara penyerahan tersangka selesai selanjutnya tersangka dan barang bukti dibawa ke BNNP Sultra guna pengembangan dan penyelidikan lebih lanjut.

“Mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika merupakan tugas BNNP dalam wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara. Untuk itu Lanud Haluoleo turut serta membantu tugas BNNP SulTra dalam memerangi Narkoba di Bandara Haluoleo, karena berstatus Enclave Civil yaitu Bandara yang berada diatas tanah TNI AU.” Papar Danlanud Haluoleo.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Penangkapan Jaringan Narkoba di Bandara Haluoleo