Berita

Penataran 30 Wasit Binjas Angkatan Udara

Dibaca: 68 Oleh 26 Nov 2014Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Udara (Kadiskesau) Marsma TNI dr. Bambang Hendro S., MS, Sp. KP membuka Penataran Wasit Sepak Bola dan Voli yang diselenggarakan di Lakespra Saryanto. Senin, (24/11). Kegiatan ini diikuti oleh 30 Wasit Binjas TNI AU dari jajaran Mabesau, Kohanudnas, Koopsau 1, Koopsau 2, Kodikau, dan Lakespra.

Dikatakan, penyelenggaraan penataran ini merupakan salah satu wujud dari upaya Dinas Kesehatan Angkatan Udara (Diskesau), khususnya subdinas Binjas sebagai sarana dalam pengadaan wasit bola voli dan sepak bola di lingkungan TNI AU yang profesional. Pada saat ini, anggota Binjas Angkatan Udara yang memiliki pengetahuan serta sertifikat wasit masih dianggap kurang, sehingga perlu diadakan penataran agar kebutuhan tersebut terpenuhi.

“Perlu kita sadari bersama bahwa memimpin suatu pertandingan olah raga merupakan tanggung jawab kita sebagai anggota Binjas, sehingga diharapkan pertandingan dapat berjalan lancar, tertib, dan terkendali”, jelas Kadiskesau.

Selama pelaksanaan penataran yang dilaksanakan selama empat hari, peserta akan dibekali berbagai pengetahuan mengenai perwasitan oleh para narasumber maupun instruktur yang kompeten di bidangnya. Materi meliputi teori dan praktek pengetahuan tentang organisasi, sejarah olah raga bola voli dan sepak bola, pengetahuan psikologi olah raga, peraturan permainan bola voli dan sepak bola, administrasi dan sistem pertandingan bola voli dan sepak bola, kode etik perwasitan, tata cara pengisian daftar score pertandingan, praktek wasit bola voli dan sepak bola, serta ujian teori dan praktek wasit.

Baca juga:  PELATIHAN DASAR SAKA DIRGANTARA DI LANUD HUSEIN S.

Peserta penataran yang berjumlah 30 orang ini, terbagi atas dua kelas yaitu kelas sepak bola yang terdiri dari 15 peserta, dan bola voli yang terdiri dari 15 orang peserta. Setelah mengikuti penataran para peserta akan mendapatkan lisensi C3, yaitu sertifikat dimana mereka bisa menjadi wasit pada pertandingan di tingkat Kotama atau daerah, karena nantinya yang akan mengeluarkan sertifikat adalah PSSI untuk sepak bola dan PBSI untuk bola voli.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel