Berita

Penataran Pembinaan Kesadaran Bela Negara Di Lanud Sjamsudin Noor

Dibaca: 10 Oleh 15 Jul 2011Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Pembinaan Kesadaran Bela Negara menjadi hak dan tanggung jawab setiap warga Negara, Ruang Rekreasi Lanud Sjamsudin Noor Banjarmasin tempat diselenggarakannya Penataran Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PPKBN) bagi Aparat Pemda Tingkat I, PNS Lanud Sam serta instansi terkait sekitar Lanud Sam, Kamis (14/7). Ceramah yang dilaksanakan selama satu hari tersebut, merupakan upaya Lanud Sam dalam memberikan materi tentang pembinaan Bela Negara bagi generasi muda khususnya pembinaan mengenai potensi kedirgantaraan.

Penataran Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PPKBN) diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari 30 orang PNS Lanud Sam dan PNS Pemko Banjarbaru, 10 orang karyawan Angkasa Pura I Bandara Syamsudin Noor, 5 orang anggota Basarnas dan 5 orang Karyawan Pertamina Bandara Syamsudin Noor, pelaksanaan PPKBN yang berlangsung selama satu hari tersebut di buka oleh Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Mokh. Mukhson dengan ditandai penyematan tanda peserta PPKBN oleh Komandan Lanud Sam kepada perwakilan peserta.

Mengawali sambutannya, Komandan Lanud Sjamsudin Noor mengucapkan selamat datang serta menyambut gembira pelaksanaan pembinaan kesadaran bela Negara yang dilaksanakan di Lanud Sam. Kegiatan PPKBN tersebut difasilitasi oleh Kasubsi Binpotdirga Lanud Sam Lettu Lek Suwaji, sekaligus Ketua Panitia pada kegiatan PPKBN di Lanud Sam tersebut. Dalam sambutannya Komandan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari materi pengenalan dan pengetahuan upaya bela negara, guna memberikan gambaran dan masukkan kepada para peserta terkait upaya bela negara, melalui penataran PPKBN bagi lingkungan pekerjaan maupun pemukiman di Lanud Sam, serta pengetahuan lain yang berkaitan dengan Bela Negara dan wawasan nusantara.

Baca juga:  Entry Briefing Wasrik Itkohanudnas di Kosekhanudnas II

Ditambahkan pula kegiatan PPKBN tersebut bertujuan untuk menambah wawasan dan menanamkan rasa cinta tanah air serta menumbuhkembangkan rasa kepedulian yang tinggi bagi para peserta, karena penataran bela negara ini merupakan upaya yang sangat strategis untuk memberikan bekal bagi peserta agar memiliki kesadaran bela negara yang dapat mewujudkan tercipta dan terpeliharanya persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga dapat meningkatkan kehidupan yang harmonis di lingkungan masyarakat. “Saya berharap dengan adanya kegiatan ini akan dapat menimbulkan semangat baru bagi para peserta untuk secara tekun menanamkan jiwa Bela Negara, agar tidak mudah terpengaruh oleh kehidupan yang negatif di era globalisasi modern yang kerap kali identik dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi”, demikian Danlanud menegaskan.

Lebih lanjut, Komandan Lanud Sam berharap kepada seluruh peserta penataran nantinya, agar dengan pengertian dan pemahaman mengenai bela negara, para generasi muda sebagai tunas-tunas bangsa timbul kepeduliannya terhadap masa depan bangsa dan permasalahannya serta dapat menjadi contoh dan memegang peranan dalam menumbuhkan motivasi Bela Negara dan kesadaran berbangsa dan bernegara indonesia di lingkungan kerja maupun di tempat tinggalnya masing-masing, yang menjadi kewajiban bagi seluruh warga Negara Indonesia.

Baca juga:  Paud Angkasa Kosekhanudnas Iv Melihat Langsung Pesawat Tempur

Materi yang diajarkan meliputi tentang Pengantar Bela Negara dan UUD 1945 yang disampaikan oleh Kadispers Lanud Sam Mayor Adm Adam Toaha dan tentang Wawasan Nusantara, Pertahanan Negara serta Ketahanan Nasional yang disampaikan oleh Kadislog Lanud Sam Mayor Kal Pujiono Widodo.

Penataran Pembinaan Kesadaran Bela Negara ditutup dengan pemberian Piagam Penghargaan yang secara simbolis di serahkan oleh Danlanud Sam kepada salah satu perwakilan peserta PPKBN.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel