Berita

PENCERAHAN BIDANG KOMUNIKASI ” LANUD SURYADARMA “

Dibaca: 9 Oleh 14 Mei 2010Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Keluarga Besar Pangkalan TNI AU (Lanud) Suryadarma mendapat pencerahan bidang komunikasi dari Bapak Aqua Dwipayana yang merupakan konsultan komunikasi dari Image Communications, Jakarta di Gedung Serbaguna Sekbang Lanud Suryadarma, Subang, Senin siang (25/5). Pencerahan dimaksudkan untuk memberikan wawasan akan pentingnya membudayakan kegiatan komunikasi secara terarah dan pengetahuan perkembangan terkini mengenai dunia informasi.

 

Dengan paparan menggunakan slide berjudul “Peran Komunikasi dalam meningkatkan citra TNI AU”, Aqua Dwipayana yang mengaku sebagai dosen di Sekolah Staf dan Komando Angkatan TNI dan konsultan komunikasi Kepolisian Daerah Jawa Barat menjelaskan secara panjang lebar arti penting komunikasi yang dilakukan prajurit dan pejabat bagi perbaikan citra pribadi maupun organisasi di masyarakat. Disebutkan terciptanya komunikasi yang baik dan lancar dapat dicapai dengan cara antara lain maintining image yaitu menjaga citra dari kemungkinan timbulnya persepsi negatif masyarakat. Kemudian menciptakan persepsi dan opini positif di benak publik mengenai kinerja dan organisasi TNI AU. Selanjutnya menjalin hubungan yang harmonis antara TNI AU dengan media massa yang akan berdampak pemberitaan positif, terakhir menciptakan Sumber Daya Manusia yang profesional dalam bidang komunikasi.

Baca juga:  RAT PRIMKOP ANTARIKSA KOSEKHANUDNAS IV

 

Dijelaskan staf Penerangan dan Perpustakaan di tiap Lanud serta Dinas Penerangan di Markas Besar TNI AU perlu diawaki oleh personel-personel yang profesional dalam hal komunikasi, sehingga dapat melayani kalangan media dengan cepat, tepat dan akurat. Oleh karena itu, komunitas penerangan jangan merasa sebagai staf “buangan” sehingga enggan melakukan kreatifitas yang mengakibatkan citra TNI AU turun. Dicontohkan kegiatan komunikasi yang dilakukan pejabat publik Indonesia yang tidak harmonis dengan media tidak bertahan lama dalam jabatannya.

 

Di sesi tanya jawab dengan peserta, muncul beberapa pertanyaan mengenai kebebasan pers, prinsip pemberitaan pers terhadap TNI dan komunikasi dalam rumah tangga. Sedangkan Komandan Lanud Suryadarma Kol Pnb D. Widiantoro, MBA dalam sambutan pembukaan dan penutupnya menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya atas kehadiran Bapak Aqua Dwipayana sebagai praktisi komunikasi yang memberikan pencerahan mengenai komunikasi kepada anggota Lanud Suryadarma. Namun menurut Danlanud komunikasi di lingkungan militer tidak dapat transparan secara keseluruhannya karena sebagai aparat militer negara, TNI memiliki rambu-rambu yang harus dipedomani agar tugas-tugasnya dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga:  Wujudkan Tujuan Pendidikan, Pasis Suspajemen A-26 Laksanakan Olah Staf

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel