Berita

PENDARATAN PERDANA PESAWAT TEMPUR F-16 C/D 52ID DI LANUD ROESMIN NURJADIN

Dibaca: 16 Oleh 18 Agu 2014Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Tepat pukul 02.50 UTC atau pukul 09.50 WIB dua pesawat tempur terbaru TNI Angkatan Udara jenis F-16 C/D 52ID mendarat mulus di Lanud Roesmin Nurjadin, Senin (18/8). Pendaratan ini merupakan pendaratan perdananya di Lanud Roesmin Nurjadin setelah tiba di Indonesia beberapa waktu yang lalu. Setelah Landing pada Runway 36, kedua pesawat langsung menuju Skadron Udara 16 dan disambut oleh Danlanud Roesmin Nurjadin, Kolonel Pnb M. Khairil Lubis di Shelter Skadron Udara 16.

Direncanakan kedua pesawat tempur sergap dengan nomor TS-1620 dan TS-1623 ini akan melaksanakan uji Statik Aressting Cable Mobile sebelum pesawat ini resmi beroperasional di Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin dalam waktu dekat ini. Pesawat F-16 C/D 52ID dengan nomor TS-1620 ini dipiloti oleh Letkol Pnb Firman Dwi Cahyo dan Mayor Pnb Nur Alimi sedangkan pesawat TS-1623 dipiloti oleh Mayor Pnb Bambang Aprianto dan Kapten Pnb Anugerah Gigih Pratama. Penerbangan dengan Call Sign “Falcon Fligh” ini menempuh route dari Lanud Halim PK menuju Lanud Rsn dan nantinya akan bertolak menuju Lanud Iswahyudi setelah melaksanakan uji Statik Aressting Cable Mobile.

Baca juga:  Kuker BPSDM Provsu ke Kosekhanudnas III

Sebagaimana diketahui, Sebanyak 24 unit pesawat tempur sergap F-16 C/D 52ID akan menambah kekuatan TNI Angaktan Udara yang akan ditempatkan didua Skadron Udara tempur yakni Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru dan Skadron Udara 3 Lanud Iswahyudi, Madiun. Ke 24 pesawat ini derencanakan akan datang secara bertahap hingga akhir 2015 nanti.

Saat ini seluruh pelaksanaan pembangunan Skadron Udara 16 dengan segala fasilitasnya telah rampung dilaksanakan dan siap menerima kedatangan pesawat tempur yang memiliki kemampuan mutakhir setara dengan kemampuan avionik pada F-16C/D Block 52.   Selamat datang “Falcon Flight” di Bumi Lancang Kuning.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel