Berita

PENDIDIKAN KARAKTER MAHASISWA BARU FIS UNJ DI LANUD HALIM P.

Dibaca: 28 Oleh 16 Sep 2014Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Sekitar 400 mahasiswa-mahasiswi baru Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) selama empat hari ke depan akan menjalani Pelatihan Pendidikan Karakter di Lanud Halim Perdanakusuma. Pelatihan dilaksanakan atas kerjasama Lanud Halim Perdanakusuma dan FIS UNJ bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai yang menjunjung tinggi integritas, kedisiplinan, persatuan dalam rangka pembentukan karakter mahasiswa baru FIS UNJ yang bermoral, beretika, cekatan, mandiri dan bertanggung jawab. 

Kegiatan Pelatihan Pendidikan Karakter FIS UNJ diawali dengan upacara pembukaan diMarshalling Area Lanud Halim Perdanakusuma, Selasa (16/9) dengan inspektur upacara Kepala Dinas Personel (Kadispers) Lanud Halim Perdanakusuma Letkol Pnb M. Arifin, S.T., mewakili Marsma TNI Sri Pulung D.,S.E., MMgt. Stud., Komandan Lanud Halim Perdanakusuma.  Dalam sambutannya komandan menyampaikan penghargaannya pada UNJ yang telah menunjuk Lanud Halim Perdanakusuma dalam kegiatan Pelatihan Pendidikan Karakter mahasiswa-mahasiswi baru angkatan 2014. “Pelatihan akan membekali mental dan diri kalian agar dapat menapaki kehidupan kampus dengan lancar, untuk itu berbagai keterampilan dan pengetahuan akan diberikan seperti bela negara, kedirgantaraan, kepemimpinan, kedisiplinan, kerapian, outbound dan lainnya”, ujar Danlanud.   

Sedangkan Supervisi Pelatihan Letkol Pnb Adi Setyo Nugroho yang juga Kepala Pembinaan Potensi Kedirgantaraan Lanud Halim Perdanakusuma menyampaikan terdapat 800 mahasiswa-mahasiswi baru sebagai peserta, yang terbagi dalam dua gelombang.  Gelombang pertama 400 peserta dari lima jurusan di FIS UNJ yaitu jurusan PPKN, Humas, Geografi, Sejarah dan Pariwisata. “Setelah dua hari, ganti 400 peserta baru dengan kegiatan serupa”, ujarnya.  Ditambahkannya peserta dikenalkan dengan keterampilan hidup untuk tertib, mandiri, tanggung jawab, disiplin, kerjasama kelompok juga memperluas pengetahuan tentang bela, negara, pengetahuan kedirgantaraan,kepemimpinan dan lainnya agar dapat membentengi diri sehingga menjadi mahasiswa yang tidak terpengaruh hal-hal negatif.  

Dekan FIS UNJ Dr. Muhammad Zid, M.Si., dalam pengarahan singkatnya di hadapan peserta menyampaikan agar para peserta bersemangat dan memiliki wawasan yang luas akan program pendidikan dan pelatihan karakter.  Dijelaskan bahwa Indonesia merupakan bangsa yang besar dan luas, sehingga memerlukan generasi penerus yang siap berkarya. “Melalui pelatihan pendidikan karakter sebagai semacam outdoor study bagi mahasiswa baru FIS UNJ, sehingga mahasiswa merasa leluasa, fresh dan merasakan kebebasan di luar kampus,  Namun bukan berarti kalian akan dilatihkan tentang kekerasan ala militer, tapi dikenalkan cara hidup dengan disiplin, tertib dan berwawasan kebangsaan , ujar Dekan FIS UNJ Dr. Muhammad Zid, M.Si.

Baca juga:  Kadisops Smo Hadiri Dialog Interaktif Promosi Kegiatan TNI-UNS Military Festival Tahun 2016

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel