TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

PENERBANG SKADRON UDARA 1 LATIHAN TERBANG MALAM

By 05 Jun 2012 15:52Berita
1280px-Photo_20031215_122634

Langit di atas Kota Pontianak yang biasanya sunyi dimalam hari, selama 4 hari kedepan akan diramaikan suara pesawat tempur Hawk 100/200 yang berhome base di Skadron Udara 1 Pangkalan Udara (Lanud) Supadio, Pontianak yang melaksanakan Latihan terbang malam.

Komandan Lanud Supadio Kolonel Pnb Kustono, S.Sos. mengatakan latihan terbang malam ini dimaksudkan untuk meningkatkan profesional para penerbang dalam mengantisipasi kemungkinan yang akan terjadi baik gangguan, ancaman dan pelanggaran wilayah kedaulatan hukum nasional oleh pihak lain.

”Bagi para penerbang tempur, terbang malam bukan merupakan hal yang luar biasa namun merupakan tuntutan yang perlu dilatihkan guna membiasakan melakukan terutama pada saat lepas landas dan mendarat yang hanya mengandalkan instrumen yang ada disamping visual dengan alat bantu lampu penerangan yang ada di dua sisi landasan, untuk itu para penerbang dituntut lebih teliti dan hati-hati dalam menerbangkan pesawat serta melakukan manuver-manuver tertentu,” tambah Danlanud.

Menurutnya, latihan terbang malam adalah latihan yang penting bagi para penerbang maupun ground crew dalam meningkatkan kemampuan operasional Skadron Udara 1. Disamping itu, ”Latihan terbang malam juga dapat untuk mengukur kemampuan kesiapan personel, baik kesiapan para penerbang, Alutsista serta kesiapan teknisi dalam penyiapan pesawat,” tambahnya.

Latihan terbang malam ini, lanjut Danskadron melibatkan satuan-satuan kerja di Lanud Supadio, Skadron Udara 1, Batayon 465 Paskhas serta pihak Bandara Supadio. Dalam latihan ini direncanakan akan berlangsung 4 Juni s.d. 7 Juni 2012.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PENERBANG SKADRON UDARA 1 LATIHAN TERBANG MALAM