Berita

Penerbang Tempur Latihan Emergency Escape and Eject

Dibaca: 24 Oleh 25 Mei 2010Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Sebanyak 20 penerbang pesawat tempur TNI Angkatan Udara melaksanakan latihan parasailing emergency escape and eject pada hari sabtu (22/5) bertempat di pantai senggigi, Lombok. Kedatangan rombongan yang dipimpin Asren Koopsau II Kolonel Pnb Andi G. Wirson tiba pada hari jum’at, yang langsung disambut Komandan Lanud Rembiga Letkol Pnb Antariksa Anondo dan pejabat staf Lanud Rembiga .

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan latihan oleh Assintel Koopsau II Kolonel Pnb Wahyudi yang bertindak sebagai Irup serta penyematan pita latihan kepada perwakilan penerbang dan Kolat. Panglima Koopsau II Marsekal Pertama TNI R. Agus  Munandar dalam sambutannya yang dibacakan Assintel Koopsau II mengatakan, “ latihan parasailing bertujuan untuk melatih dan memberikan pengalaman praktis perorangan penerbang pesawat tempur dalam menghadapi kemungkinan yang dialami saat melaksanakan tugas-tugas operasi, khususnya yang berkaitan dengan prosedur escape and eject”.

Latihan yang berlangsung selama dua hari ini melibatkan para penerbang tempur dari empat skadron tempur, masing-masing skadron 3 F-16, Skadron F-5 Tiger, Skadron 15 Hawk MK 53 dan Skadron 11 Sukhoi. Dari tiap skadron tiap skadron masing-masing mengirimkan lima penerbang. Dijelaskan oleh Komandan Lanud Rembiga Letkol Pnb Antariksa Anondo, “latihan ini merupakan program rutin yang dilaksanakan Pangkoopsau II, sebagai salah satu upaya memantapkan kemampuan para penerbang untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, bila terjun didarat mungkin sudah terbiasa, tapi bila terpaksa terjun dilaut itu yang harus diantisipasi”.

Baca juga:  Dan Wing 4 Lanud Ats Tutup Pelatihan Crew Resources Management

Selain melibatkan para penerbang tempur dan anggota Lanud Rembiga, latihan ini juga melibatkan TNI Angkatan Laut Mataram, dengan bantuan satu unit kapal patroli AL untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam latihan.  

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel