Berita

Penerbang VVIP TNI AU Lulusan Terbaik Pada Squadron Officer School Amerika Serikat

Dibaca: 449 Oleh 15 Jan 2016Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Mabesau (7/1). Seorang perwira TNI AU, Kapten Pnb Septi Arun Dwi Saputra, berhasil meraih predikat sebagai lulusan terbaik (Distinguished Graduate) pendidikan perwira skuadron (Squadron Officer School) yang dilaksanakan di Maxwell AFB, Montgomery, Alabama, Amerika Serikat.

Squadron Officer School (SOS) adalah pendidikan setingkat Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (Sekkau) di TNI AU. SOS yang diikuti oleh 583 siswa (28 diantaranya siswa internasional) dari 19 negara, secara resm telah ditutup oleh Komandan Squadron Officer College, Brigjen Goodfellow di Auditorium Polifka pada Desember 2015 lalu.

Sesuai dengan misinya pendidikan ini bertujuan untuk mendidik, memotivasi, dan membina para perwira berpangkat Kapten menjadi pemimpin angkatan udara masa depan yang mampu mengawaki Alutsista dan sistem perang udara modern. Materi pelajaran diantaranya tentang leadership, followership, team building, field leadership exercise, project-X, dan war gaming yang ditempuh dalam waktu lima minggu, dimana selama itu mereka mendapatkan penilaian serta feedback dari masing-masing komandan flight.

Untuk meraih predikat sebagai siswa terbaik tidaklah mudah, ada beberapa criteria penilaian diantaranya siswa harus masuk dalam 10% terbaik dan lulus dari semua graded assignment di setiap bagian dalam Commandant’s Challenge. Disamping itu juga harus mahir berkomunikasi, memiliki jiwa kepemimpinan, berkarakter dan berkemampuan membangun tim di dalam kelompoknya.

Baca juga:  GIAT HUT KE-62 KODIKAU

Kapten Pnb Septi Dwi Arun yang merupakan Alumnus AAU 2005 adalah salah satu penerbang pesawat VVIP TNI AU khususnya jenis Boeing 737. Sebelum mengikuti pendidikan, perwira penerbang Skadron Udara 17 Lanud Halim Pedanakusuma Jakarta ini, telah mengikuti Specialized English Training di Defence Language Institute (DLI), Lackland Air Force Base, San Antonio, Texas selama Sembilan minggu. Kemudian dilanjutkan dengan Preparatory Course International Officer School (IOS), di Maxwell Air Force Base, Montgomery, Alabama selama tujuh minggu.

“Pengalaman mengikuti pendidikan Squadron Officer School ini menjadi bekal bagi saya untuk berkiprah dalam membangun dan mengembangkan TNI Angkatan Udara ke depan” ucap Kapten Pnb Septi Arun Dwi Saputra.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel