Berita

PENERJUNAN TIM BRAVO, AWALI AKSI MANLAP SIKATAN DAYA ‘09

Dibaca: 24 Oleh 16 Mei 2010Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Balikpapan (2/8). Penerjunan tim Bravo Paskhas TNI AU pada dini hari di kawasan Sangata, kabupaten Kutai Timur, Kalimanan Timur, Minggu (2/8) menandai pelaksanaan manuver lapangan (Manlap) Latihan Sikatan Daya (Sida) ’09. Sebanyak sepuluh prajurit pilIhan detasemen Bravo, Paskhas TNI AU diterjunkan dari pesawat C-212 Kassa. Dalam skenario latihan, tim Bravo menjalankan fungsi intelIjen dan penyusupan di daerah yang dikuasai “musuh”.

 

Tepat pukul 04.00 wita, pesawat Kassa yang di terbangkan oleh Kapten Pnb Lukisman berada di atas sasaran. Beberapa saat kemudian, pintu pesawat pun terbuka, dan sepuluh personil Bravo segera keluar dari pesawat melaksanakan penejunan. Dalam kegelapan dini hari, mereka bergelantungan menggunakan parasut di atas hutan Kalimantan Timur. Setelah beberapa saat melayang di udara, ke sepuluh prajurit tim Bravo dapat mendarat dengan selamat di sasaran.

 

Sementara menjelang fajar satu flight pesawat tempur F-16 fighting falcon, satu flight pesawat tempur F-5 Tiger dan satu fligh Hawk MK-53 melaksanakan terbang orientasi di atas Sangata. Burung-burung besi penempur yang didatangkan dari Lanud Iswahyudi Madiun ini, melaksanakan take off dari Lanud Balikpapan, Kalimantan Timur. Sesaat setelah take off, desingan suara jet pesawat-psawat tempur ini langsung memecahkan keheningkan fajar di sekitar Lanud Baikpapan.

Baca juga:  ARTI SEKANTUNG LABU DARAH TNI AU

 

Secara keseluruhan rangkaian kegiatan Manlap Sida ’09 akan berlanjut hingga Selasa (4/8) mendatang. Beberapa tahap kegiatan meliputi, penerjunan tim Dalpur (pengendali petempuran) Paskhas TNI AU, disusul pengintaian strategis oleh pesawat Boeing 737, Inta taktis C-212 Kassa, penerjunan Satpur Paskhas, Serangan Udara Langsung (SUL) F-16 fighting falcon, SUL F-5 tiger, SUL Sukhoi Su-27/30 serta misi BDA pesawat Hawk MK-53.

 

Dalam aksi SUL, pesawat-pesawat tempur kebanggaan Indonesia ini akan menembakan puluhan bom, roket dan peluru tajam. Jenis bom yang digunakan terdiri dari MK-82 dan P-100. Sementara untuk roket menggunakan jenis FFAR 2,75 dan peluru tajam caliber 20 mm.

 

Aksi lain yang akan diperagakan adala pengisian bahan bakar di udara (air refuling) pesawa tempur Sukhoi Su-27/30 oleh pesawat Hercules C-130 BT. Aksi ini untuk memperpanjang endurance (daya jangkau pesawat) Sukhoi,. Dalam manlap Sida 09 juga diperagakan kegiatan SAR tempur oleh personel Paskhasau dengan menggunakan Helikopter SA-330 Supe Puma.

 

Bertindak sebagai pimpinan umum latihan adalah Pangkoopsau II Marsekal Muda (Marsda) TNI Yushan Sayuti. Sementara Direktur Latihan di jabat oleh Kolonel Pnb Bonar H. Hutagaol, yang sehari-hari menjabat sebagai Asisten Operasi Kas Koopsau II. Latihan yang didukung ratusan personil Kopsau II dan Paskhasau ini, melibatkan puluhan pesawat, baik tempur, angkut maupun helikopter. Untuk unsur tempur melipui F-16 fighting falcon, F-5 tiger dan Haw MK-52, unsur angkut terdiri dari C-130 Hercules, C-212 Kasa, Boeing 737 dan Helikopter SAR SA-330 Super Puma. Demikian, Kapen Koopsau II Mayor Sonaji Wibowo, S.IP menginformasikan.

Baca juga:  380 Siswa Semaba Ikut Orientasi Medan

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel