Berita

Pengajian Pejabat & Aparat Pemda DIY digelar di Lanud Adisutjipto

Dibaca: 5 Oleh 07 Jun 2013Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Tema pengajian rutin hari ini Rabu (5/6) yang di gelar di Lanud Adi Sutjipto kali ini mengusung tema “Memaknai perbedaan faham dalam Islam”. Bertindak sebagai penceramah DR H M. Malik Madani MA dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Panjang lebar Ustadz Malik menjelaskan masalah perbedaan dalam Islam “ Bagaimana kita bersikap ditengah perbedaan? kata awal pembukaan ceramah. 

Umat Islam di Indonesia mayoritas dari penganut Sunni atau sunnah ahlu wal jamaah. Dan didalam masyarakat Islam di Indonesia tidak ada yang sampai tahap eksklusifisme. Perbedaan menurut beliau adalah anugrah/ rahmat. Sepanjang perbedaan itu furuk/cabang dan bukan urus/pokok.

Perbedaan masyarakat yang ada sekarang ini harus disikapi dengan dewasa maksudnya. “setiap perbedaan yang sifatnya furuk tidak perlu dipertentangkan dan selagi masih shalat menghadap kiblat dan mengucapkan 2 kalimat syahadat maka kita kita tidak boleh mengkafirkan sesama”. Jabarnya Apabila kita mempunyai pemahaman yang berbeda tidak usah memaksakan kepada orang lain, dan tidak menggampangkan dollallah.

Di tempat terpisah Kasibintal Lanud Adisutjipto Mayor Sus Slamet Budiyono SAg menyampaikan bahwa maksud diselenggarakannya pengajian rutin pejabat dan aparat ini adalah untuk menjalin ukhuwah islamiyah dan mempererat tali silaturahim. Selain itu juga untuk meningkatkan motivasi keagamaan para pejabat dan aparat khususnya di lingkungan Lanud Adisutjipto. Mayor Slamet juga menambahkan bahwa Seksi Bintal Lanud Adisutjipto telah menyelenggarakan kegiatan pembinaan mental rohani Islam dengan melaksanakan Pengajian dan Yasinan tiap Jumat I dan IV serta membina tak kurang dari 5 masjid serta 25 musholla di lingkungan Lanud Adisutjipto sebagai upaya untuk menumbuhkan kesadaran ketaatan beragama personel beserta keluarga TNI AU di wilayah Lanud Adisutjipto.

Baca juga:  Demi Meningkatkan Akses dan Mobilitas Warga, Komplek Lanud Sugiri Sukani Mulai Berbenah.

Pengajian dihadiri oleh tak kurang 1000 orang peserta dari berbagai unsur aparat di lingkungan provinsi DIY. Tampak hadir dalam acara pengajian rutin ini adalah Wakil ketua DPRD DIY, Kepala Kemenag KH Mashul Haji, dan pihak Lanud diwakili oleh Letkol Kes Yulianto Hadi, MM. 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel