Berita

PENGALIHAN KODAL SATRAD BURAEN KE KOSEKHANUDNAS II.

Dibaca: 8 Oleh 18 Sep 2013Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Panglima Kohanudnas Marsekal Muda TNI Hadiyan Sumintaatmadja memimpin upacara Alih Kodal Satrad 241 Buraen dari Kosekhanudnas IV Biak ke Kosekhanudnas II Makassar menjadi Satrad 226 Buraen bertempat di lapangan Tennis Indoor Makohanudnas Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa (17/9).

Pada kesempatan tersebut, Pangkohanudnas mengatakan pengalihan kodal Satrad 241 Buraen dilaksanakan, karena secara geografis Satrad ini lebih dekat dengan Kosekhanudnas II Makassar dari pada Kosekhanudnas IV Biak, sehingga diharapkan dengan pengalihan kodal ini kemampuan deteksi dan ground control, kemampuan alat komunikasi radio pada semua jenis frekuensi Satrad Buraen akan lebih optimal dalam pelaksanaan operasi pertahanan udara. Selain itu, Satrad ini juga akan dapat memanfaatkan Makassar Air Trafic Service Center (MATSC) yang terkoneksi secara langsung dengan Kosekhanudnas II, sehingga mempercepat proses identifikasi sasaran udara.

Lebih lanjut, dikatakannya bahwa Satrad Buraen ini terletak di sebelah selatan pulau Timor yang berbatasan dengan Negara Timor Leste. Dengan posisi ini, tentu saja memiliki potensi kerawanan dari segala bentuk ancaman, termasuk bagi objek vital Nasional Indonesia yang berada di celah Timur yang mampu memberi devisa bagi negara. Diwilayah ini juga, pesawat-pesawat asing sering melakukan pelanggaran udara dengan memanfaatkan wilayah udara yang belum tercover oleh radar. Kedepan kita berharap, Kohanudnas akan menambah kekuatan alutsista radarnya sesuai dengan minimum essential force Kohanudnas , sehingga wilayah udara yang belum tercover oleh radar, dapat dipenuhi, dan Kohanudnas mampu melaksanakan tugasnya dalam rangka mewujudkan kedaulatan dan penegakan hukum di wilayah udara Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga:  Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Seskoau

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel