Berita

PENGAMANAN PULAU TERDEPAN

Dibaca: 14 Oleh 23 Mei 2010Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

KONSEP PENGAMANAN PULAU TERDEPAN
DARI HASIL SEMINAR TNI ANGKATAN UDARA

Sistem pertahanan udara berhubungan langsung dengan permasalahan aktual yang berkaitan dengan pengamanan pulau-pulau terdepan / perbatasan yang selalu dihadapi setiap negara termasuk Indonesia, karena menyangkut masalah security dan prosperity.

Demikian sambutan Kepala Staf TNI Angkatan Udara yang dibacakan Wasau Marsdya TNI Wresniwiro ketika membuka seminar Sistem Pertahanan Udara, Kamis (29/6) yang dihadiri segenap pejabat Mabesau, pejabat Kotama TNI / TNI AU beserta jajarannya yang memadati Auditorium Mabesau, Cilangkap.

Bagi bangsa Indonesia yang berdiam dalam sebuah negara kepulauan terbesar di dunia, dengan letak yang strategis ditinjau dari berbagai aspek kehidupan, maka aspek security dan prosperity menjadi penting yang harus dibangun dan ditegakkan. Tanpa kemampuan mengamankan negara dengan segala isinya, bangsa Indonesia tidak akan mampu meningkatkan kesejahteraan, tanpa menciptakan rasa “aman” dalam arti yang hakiki.

Terkait dengan Sistem Pertahanan Udara, maka tugas mengamankan kepentingan nasional di wilayah udara Indonesia yang demikian luas tentu akan efektif bila memiliki sistem pertahanan udara yang baik atas seluruh sumber daya nasional yang bergerak atau menggunakan ruang udara dirgantara sebagai ajang pengabdiannya. Angkatan Udara sebagai bagian dari kekuatan udara sudah menerima mandat dari negara untuk mengamankan kepentingan nasional di wilayah udara nasional sebagaimana tercantum dalam undang-undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, ucapnya.

Baca juga:  2 Pesawat Herkules C-130 Perkuat Alutsista Lanud Sultan Hasanuddin

Sementara Letjen Alain Veron salah satu pembicara dari negeri kincir angin mengatakan misi pertahanan udara utamanya adalah menjaga kedaulatan wilayah udara nasional dengan menggunakan peralatan yang dapat mendukungnya. Menurutnya ada delapan tahap dalam misi utama menjaga kedaulatan yaitu : Surveillance, Identification, Classification, Recognized Air Picture estabilishment, Threat Evaluation, Alert Dissimination, Weapon Assignment dan Weapon Control.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel