Berita

Pengambilan Sumpah dan Serah Terima Jabatan Komandan Lanud Samratulangi

Oleh 14 Mei 2019 No Comments
Img 20190514 Wa0024
#TNIAU 

TNI AU.  Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara II (Pangkoopsau II) Marsekal Muda (Marsda) TNI Henri Alfiandi bertindak selaku Inspektur Upacara pada Upacara Pengambilan Sumpah dan Serah Terima Jabatan Komandan Lanud Samratulangi dari Kolonel Nav Insan Nanjaya, S.H., M. Avn., Mgt. Kepada Penggantinya Kolonel Pnb Johnny Sumaryana, S.E., bertempat di Gedung Suryadi Surya Dharma Markas Komando Operasi TNI Angkatan Udara II, Selasa (14/5/2019).

Upacara tersebut turut dihadiri oleh Danlanud Sultan Hasanuddin, Pangkosekhanudnas II Makassar, Wadanlantamal VI Makassar, Ketua PIA Ardhya Garini Daerah II Koopsau II dan Pengurus, Para Pejabat Makoopsau II, Para Pejabat Lanud Sultan Hasanuddin, Pejabat Kosekhanudnas II, dan Pejabat Wing 2 Paskhas Makassar serta personel Makoopsau II, baik militer maupun pegawai negeri sipil.

Dalam sambutannya Pangkoopsau II Marsda TNI Henri Alfiandi mengatakan bahwa alih tugas dan alih jabatan bertujuan untuk mendinamisasikan organisasi yang dilaksanakan secara terencana dan berkesinambungan. Dari alih tugas dan alih jabatan juga diharapkan akan muncul gagasan-gagasan baru yang akan memberikan suasana segar dalam tubuh organisasi, sehingga akan dapat memacu pencapaian tugas secara lebih optimal.

Lebih lanjut Pangkoopsau II mengatakan bahwa bagi Koopsau II, kedudukan dan peran lanud Samratulangi sebagai penyelenggara dan pelaksana operasi udara di Wilayah Utara Sulawesi, selama ini sudah berjalan baik. Upaya mempertahankan kesiapan operasional Lanud Samratulangi kedepan, tidak terlepas dari upaya meningkatkan disiplin prajurit serta penegakan hukum secara konsisten. oleh karena itu menjadi tugas Komandan yang baru untuk melaksanakan pengawasan secara melekat terhadap dinamika prajurit di satuannya. Disamping itu Lanud Samratulangi harus dapat menjadi mitra bagi pemerintah daerah dan masyarakat setempat. Hal ini sejalan dengan semangat otonomi daerah, dimana keberadaan Pangkalan Udara, dapat memberikan kontribusi positif serta manfaat bagi pemerintah daerah, khususnya dalam ikut mendorong proses percepatan pembangunan di daerah.

Henri Alfiandi juga mengatakan bahwa tugas TNI Angkatan Udara dimasa datang akan semakin berat dan kompleks, selain pengaruh perkembangan global, regional serta nasional, keterbatasan dukungan anggaran juga akan masih kita alami, sehingga dalam pelaksanaan kegiatan perlu dilaksanakan pemilihan program-program dengan skala prioritas. Oleh karena itu, selaku alat pertahanan negara dan penegak hukum di wilayah udara yurisdiksi nasional Indonesia, kinerja nyata yang diharapkan dari Komandan Lanud Samratulangi adalah terwujudnya kemampuan yang optimal dalam memberikan jaminan perlindungan terhadap setiap bentuk ancaman yang datang melalui media udara. oleh karena itu, saya berharap kepada Komandan yang baru agar dapat menyikapi kondisi lingkungannya, kewaspadaan dan kesiapsiagaan harus selalu tetap terpelihara dengan baik. Kembangkan terus kemampuan SDM personel Lanud Samratulangi untuk mampu berdaya guna dalam kemampuan deteksi dan cegah dini, serta kepedulian terhadap perkembangan situasi dalam mengemban tugas pokok dengan baik.

Di akhir sambutannya Pangkoopsau II mengucapkan terima kasih kepada Kolonel Nav Insan Nanjaya, SH., M. Avn., Mgt. yang telah melaksanakan tugasnya sebagai Komandan Lanud Samratulangi dengan baik. Ucapan yang sama juga kepada Ny. Insan Nanjaya yang telah memimpin dan berupaya memajukan PIA Ardhya Garini Cabang 9 Daerah II Lanud Samratulangi, sehingga keberadaan PIA Ardhya Garini semakin dapat dirasakan manfaatnya bagi anggota maupun masyarakat. Begitu juga kepada Kolonel Pnb Johnny Sumaryana, S.E., beserta istri, Pangkoopsau II mengucapkan selamat atas kepercayaan yang telah diberikan Pimpinan TNI Angkatan Udara untuk memimpin Lanud Samratulangi, dengan bekal pengalaman penugasan saudara sebelumnya, saudara beserta istri akan mampu melaksanakan tugas dengan baik.

Dalam rangkaian Sertijab Komandan Lanud Samratulangi, juga diserah terimakan Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 9/ D II Lanud Samratulangi dan Ketua Yasarini Pengurus Cabang Lanud Samratulangi dari Ny. Insan Nanjaya kepada Ny. Johnny Sumaryana yang disaksikan Ketua PIA Ardhya Garini Daerah II Koopsau II Ny. Henri Alfiandi beserta pengurus PIA Ardhya Garini Daerah II Koopsau II.

Terkait

Komentar