Berita

PENGARAHAN PANGLIMA TNI KEPADA PRAJURIT TNI DAN PNS SE GARNIZUN KUPANG

Dibaca: 15 Oleh 20 Mei 2010Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Bertempat di Korem 161/Wira Sakti Prajurit TNI yang terdiri dari Prajurit TNI AD, TNI AL dan TNI AU serta PNS TNI menerima pengarahan dari Panglima TNI Jenderal TNI Joko Santoso.   Pengarahan tersebut dilaksanakan di lapangan Makorem 161/Wirasakti, Minggu (31/1).  Kedatangan Panglima TNI di Kupang yang di dampingi para Staf Panglima di sambut oleh Danlantamal VII, Danrem 161/Wirasakti dan Danlanud El Tari.

Tugas TNI adalah menjaga kedaulatan wilayah NKRI yang di implementasikan kedalam dua tugas Utama dalam bentuk operasi militer yang di  amanatkan oleh Undang Undang no 34 tahun 2004 antara lain Operasi militer untuk Perang dan Operasi Militer Selain Perang. Ada 14 item pokok yang merupakan tugas dari TNI dalam OMSP diantaranya menjaga obyek vital negara, membantu bencana Alam, mengatasi separatis dan pemberontakan, membantu kepolisian menjaga keamanan dan ketertiban, mengamankan tamu VVIP dan lain sebagainya. Ini merupakan tugas yang harus dilaksanakan oleh TNI kata Panglima TNI.

Dalam rangka meneruskan Reformasi TNI yang sudah berjalan selama sepuluh tahun terakhir pada tahun 2010 TNI mencanagkan “Optimalisasi peran TNI di dalam Pembangunan Bangsa” hal itu di wujudkan kedalam beberapa tugas diantaranya, pertama melaksanakan pemberdayaan teritorial di masing masing lokasi terhadap kondisi dan kemampuan masing-masing, kedua  menjalin kerjasama dan soliditas dengan POLRI dan Pemerintah Daerah, ketiga meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan motto TNI sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang dan Tentara Profesional  dan lain sebagainya.

Baca juga:  Panda Lanud ZAM Gelar Tes Psikologi

Beberapa hal yang di sebutkan di atas merupakan tugas dan tanggungjawab yang harus di emban oleh TNI sebagai penjaga kedaulatan Negara dalam mengawal dan mengamankan transisi reformasi Demokrasi di Indonesia sebagai penekanan yang di sampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Joko Santoso kepada seluruh prajurit TNI se garnizun Kupang pada kunjungan kerjanya di Kupang.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel