Berita

Pengawasan dan Pemeriksaan Itjen Kemhan RI di Lanud Sjamsudin Noor

Pengawasan Dan Pemeriksaan Itjen Kemhan Ri Di Lanud Sjamsudin Noor
#TNIAU 

TNI AU.  Lanud Sjamsudin Noor kedatangan Tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementrian Pertahanan (Kemhan) RI, dan melaksanakan Taklimat Awal sebagai rangkaian kegiatan pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) di Lanud Sjamsudin Noor. Kedatangan Tim Itjen Kemhan RI dipimpin oleh Inspektur Logistik Itjen Kemhan RI Brigjend TNI Moch. A.B. Purwanto beserta tim Itjen Kemhan RI dan diterima oleh Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Riadi Widyoko didamping oleh para kepala dinas dan para pejabat staf Lanud SAM, di Ruang Rd. S. Suryadarma Lanud SAM. Rabu, (19/6).

Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Riadi Widyoko dalam sambutannya mengatakan bahwa kedatangan Tim Wasrik Itjen Kemhan RI ke Lanud SAM tersebut merupakan suatu kehormatan dan sebagai  ajang silaturahmi, yang tentunya sekaligus akan menjadi sarana evaluasi kinerja Lanud SAM dibidang pemanfaatan aset Barang Milik Negara (BMN) yang ada di Lanud SAM. Dikatakan lebih lanjut kepada tim Wasrik Itjen Kemhan RI agar dipersilahkan untuk memeriksa dan menanyakan sekecil apapun pelaksanaan program kerja serta pencapaian dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh Lanud SAM. Ditekankan juga kepada seluruh pejabat Lanud SAM yang terkait agar memberikan keterangan dan data-data yang diperlukan oleh tim wasrik secara transparan dan bisa bekerjasama dengan baik dengan tim Wasrik, sehingga tim Wasrik mendapatkan data-data sesuai yang diharapkan.  Disamping itu Komandan Lanud SAM juga memaparkan secara lengkap dan jelas mulai dari tugas pokok dan fungsi Lanud SAM situasi dan kondisi serta pelaksanaan program kerja mengenai lahan/aset dengan berbagai permasalahan dan upaya-upaya untuk mengatasi permasalahan yang telah dilaksanakan.

Danlanud SAM menambahkan, kehadiran Tim Wasrik tersebut mengandung makna yang sangat penting sebagai langkah yang positif dalam rangka mewujudkan tertib kerja serta transparansi dan akuntabilitas satuan, agar kedepan, kinerja Lanud SAM dapat lebih optimal. Diharapkan, kiranya kedatangan Tim Wasrik akan menjadi pemicu semangat untuk lebih meningkatkan kinerja dan pencapaian sasaran sesuai tugas pokok Lanud SAM, lebih-lebih bila dikaitkan dengan semangat transparansi dan reformasi birokrasi saat ini, karena menjadi sesuatu yang sangat penting dalam rangka memberikan feed back positif terhadap pelaksanaan tugas satuan khususnya Lanud SAM.

Sementara itu, Inspektur Logistik Itjen Kemhan RI Brigjend TNI Moch. A.B. Purwanto selaku pengendali tim wasrik Itjen Kemhan RI dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pengawasan dan pemeriksaan terhadap pemanfaatan aset BMN dilingkungan Lanud SAM tersebut adalah yang pertama kali dilaksanakan pada TA. 2019 ini. Pemanfaatan BMN dilingkungan Kemhan dan TNI dilakukan dalam rangka meningkatkan penerimaan Negara dan menjalankan tugas pemerintahan sebagai pelaksana kewajiban pelayanan umum.  Status Penggunaan BMN ditetapkan oleh pengelola barang yaitu Menteri Keuangan, penetapan status penggunaan tanah dan/atau bangunan dilakukan dengan ketentuan bahwa tanah dan/atau bangunan tersebut diperlukan untuk kepentingan penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi pengguna barang dan/atau kuasa pengguna barang melakukan pemantauan dan penertiban terhadap penggunaan, pemanfaatan, penatausahaan, pemeliharaan, dan pengamanan barang milik negara yang berada di bawah penguasaannya.

Kegiatan wasrik tersebut dilanjutkan dengan pendalaman materi yang akan melaksanakan pemeriksaan administrasi pemanfaatan aset BMN yang dikerjasamakan Lanud SAM yang bertujuan untuk mendapatkan data-data yang akan digunakan sebagai bahan laporan, evaluasi dan pertimbangan bagi pimpinan yang akan digunakan untuk meningkatkan kemajuan TNI AU khususnya TNI dimasa yang akan datang.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel