BeritaKoopsau 2

Pengenalan dan Pelatihan Keterampilan Hidup Bidang Pertanian di Lanud Abd Saleh

Dibaca: 190 Oleh 06 Feb 2022Tidak ada komentar
5 hangan 22
#TNIAU 

TNI AU. Staf Potensi Dirgantara Markas Besar Angkatan Udara (Spotdirgaau) melalui Paban III Tahwildirga yang diwakili Pabandyabintahwildirga Letkol Sus Rahmania menghadiri pelaksanaan program sosialisasi ketahanan pangan bagi 50 peserta meliputi masyarakat dan anggota Lanud Abdulrachman Saleh selama dua hari, Kamis-Jumat (3-4/2) di Gedung Cakrawala.

Rangkaian kegiatan sosialisasi ketahanan pangan sebagai keterampilan hidup meliputi sambutan Danlanud Abd Saleh Marsma TNI Zulfahmi, S.Sos., M.Han., yang dibacakan Kadipotdirga Lanud Abd Saleh Kolonel Tek Chaeruman, S.T.,M.M., paparan pemateri dari BLK Wonojati, Singosari mengenai empat bidang pertanian dan peninjauan ke berbagai obyek pertanian, peternakan, perikanan dan perkebunan di BLK Wonojati dan Anggrek Malang yang ada di sekitar Lanud Abd Saleh.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Abdulrachman Saleh menyampaikan terima kasih kepada Spotdirgaau atas terwujudnya program sosialisasi ketahanan pangan di Lanud Abd Saleh. “Program ini merupakan wujud kepedulian Spotdirgaau kepada masyarakat seiring dengan masih mewabahnya covid-19 di tengah-tengah masyarakat. Melalui sosialisasi ketahanan pangan ini diharapkan masyarakat dan anggota Lanud Abdulrachman Saleh mengenal pertanian dan berusaha mempraktekannya di lingkungannya masing-masing. Dengan demikian diharapkan dari usaha pertanian yang dilaksanakan diharapkan dapat memperkuat ketahanan pangan di Lanud Abd Saleh dan sekitarnya”, jelas Danlanud Abd Saleh.

Baca juga:  CERAMAH LAMBANGJA DI LANUD SULTAN HASANUDDIN

Selanjutnya dilaksanakan paparan materi secara berturut-turut yaitu bidang budidaya/ ternak ayam oleh Hariyadi dari BLK Wonojati Singosari, kemudian usaha perikanan oleh Among Sasomo, S.TP.,M.Agr, lalu Abdul Muslim mengenai sosialisasi Jagung Bhineka 1708 dan terakhir pertanian dalam arti luas oleh Nurcholis, S.Hut., dari BLK Wonojati, Singosari. pada tiap sesi paparan dilanjutkan juga tanya jawab antara pemateri dengan para peserta.

Pada Hari Jumat (4/2) dilaksanakan kunjungan di lapangan di beberapa obyek pertanian untuk mengenalkan secara langsung kepada para peserta tentang proses terwujudnya ketahanan pangan dengan pemandu Nurcholis, S.Hut. Obyek pertama adalah Greenhouse Lanud Abd Saleh yang didalamnya membudidayakan berbagai tanaman produktif seperti buah-buahan yaitu aneka jeruk, kedondong, durian, melon dan sayuran organik. Peserta kemudian melihat budidaya buah jeruk di Kebun Jeruk Primkop Satpomau Lanud Abd Saleh. Kunjungan berikutnya adalah di BLK Wonojati, Singosari di mana terdapat beberapa obyek budidaya beragam hewan ternak seperti sapi pedaging, ayam petelur, ikan lele, ikan nila dan ikan gurami. Akhirnya peserta juga melihat budidaya bunga anggrek di Anggrek Malang, Lawang.

Baca juga:  DANLANUD RSN SAMBUT KEDATANGAN KASAU

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel