Berita

PENGERUKAN SUNGAI SEBAGAI ANTISIPASI BANJIR LOKAL

Dibaca: 10 Oleh 30 Nov 2012Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Alat berat jenis eskavator nampak mengeruk sungai kecil yang melintas di Jalan Tata Natanegara dalam wilayah Komplek Husein Sastranegara sebagai antisipasi banjir lokal yang kerap terjadi bila hujan deras mengguyur Kota Bandung, Kamis (29/11).

Komandan Lanud Husein Kolonel Pnb Sri Pulung Dwatmastu, SE., MMS., melalui Staf Fasint memerintahkan pengerukan sungai kecil yang menjadi saluran pembungan dari wilayah perkantoran dan pemukiman warga komplek.

Menurut Kapten Sus Ricky yang mengawasi jalannya pengerukan, selain menggunakan alat eskavator dibantu pula dengan tenaga manual sebanyak 10 orang yang akan melebarkan badan sungai yang semakin menyempit tersebut. Masyarakat sekitar yang melihat adanya upaya pengerukan sungai turut pula memberikan bantuan tenaga agar pengerjaan tersebut dapat cepat terselesaikan.

Diperkirakan panjang sungai yang akan dikeruk mencapai 500 M, ”Danlanud mengalokasikan kami waktu tiga hari untuk membersihkan sungai kecil ini,” tambah Kapten Ricky.

Posisi sungai yang melintasi wilayah komplek pemukiman Lanud Husein menjadi lintasan penting bagi pembungan air limpahan dari pemukiman dan kantor. Pendangkalan sungai yang terjadi dari sampah-sampah yang terbawa arus hingga penumpukan pasir/tanah, menimbulkan luapan air tatkala terjadi hujan deras, karena sungai tidak mampu menampung debit air yang cukup besar. Hal tersebut mengakibatkan air ”tumpah” ke badan jalan dan menggenangi Jalan Tata Natanegara hingga ke jalan dekat ujung landasan yang mengakibatkan banjir sedalam setengah meter.

Baca juga:  SOSIALISASI JKN DAN BPJS KESEHATAN DI LANUD ISWAHJUDI

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel