Berita

Pengetahuan Pendidikan Karakter dan Bela Negara SMK N 1 Bukateja di Lanud JBA

Oleh 24 Okt 2019 Oktober 28th, 2019 Tidak ada komentar
PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN BELA NEGARA SMK NEGERI 1 BUKATEJA, DI LANUD J.B. SOEDIRMAN.
#TNIAU 

TNI AU.  Komandan Lanud Jenderal Besar Soedirman Letnan Kolonel Pnb Arie Sulanjana, S.T., M.P.M., membuka kegiatan program Penguatan Pendidikan Karakter dan Bela Negara yang diikuti 159 peserta dari siswa SMKN 1 Bukateja, Purbalingga bertempat di lapangan apel Mako Lanud J.B. Soedirman, Kamis (24/10).

Komandan Lanud Jbs dalam sambutannya pada kegiatan tersebut mengatakan Bela Negara adalah bentuk kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pembelaan kepada Negara bukan semata-mata tugas TNI, tetapi segenap warga negara sesuai kemampuan dan profesinya. Bela negara jika secara fisik dilakukan dengan mengangkat senjata menghadapi serangan atau agresi musuh, secara non-fisik dapat didefinisikan sebagai segala upaya untuk mempertahankan negara dengan cara meningkatkan rasa nasionalisme, yakni menanamkan kecintaan terhadap tanah air, serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara.

Sementara itu Kepala Dinas Operasi Lanud J.B. Soedirman Mayor Tek Muhajir Dwi A.N.,S.T., dalam keteranganya mengatakan, materi pelatihan yang akan diberikan dalam kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter dan Bela Negara yang diikuti siswa SMKN 1 Bukateja ini antara lain, wawasan kedirgantaraan, Bela Negara, Pengenalan PBB/PPM, Pengetahuan tentang Hukum IT/Bijak menggunakan Sosmed, dan Gerakan Cinta Tanah Air.
Dengan konsep interaksi siswa dengan lingkungan sekitar yang dapat memberikan suasana nyaman bagi siswa guna membentuk sikap, cara berfikir dan persepsi yang kreatif dari setiap siswa agar terwujud rasa kebersamaan, keterbukaan, toleransi dan kepekaan yang mendalam terhadap lingkungan sekitarnya, baik di sekolah maupun dalam bermasyarakat.

Ada kegiatan yang sangat menarik bagi para guru dan para wali murid, dimana mereka melihat para siswanya menangis tersedu-sedu di saat menerima materi pelajaran Gerakan Cinta Tanah Air yang diberikan oleh Kasiopslat Lanud J.B. Soedirman Kapten Lek Rianto. Dimana para siswa diajarkan untuk lebih mencintai tanah air, dengan memahami arti perjuangan para Pahlawan dan Orang Tua mereka.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel