Berita

Penggunaan Anggaran Harus di Implementasikan Secara Akurat

Dibaca: 54 Oleh 24 Jan 2019Tidak ada komentar
Penggunaan Anggaran Harus di Implementasikan Secara Akurat
#TNIAU 

TNI AU.     Bertempat di gedung Budiarjo Mako Koharmatau, Komandan Koharmatau Marsekal Muda TNI Dento Priyono memimpin langsung penandatanganan kontrak untuk Pengadaan Bangfas/Jasa secara terpusat di Koharmatau TA. 2019. Pelaksanaan penandatanganan kontrak pengadaan Bangfas/Jasa ini dihadiri Wakil Komandan Koharmatau, Marsekal Pertama TNI Hadi Suwito S.E, para pejabat Koharmatau, dan para penyedia jasa. Kamis (24/01/2019).

Mengawali sambutannya Dankoharmatau menyampaikan bahwa Koharmatau dalam mempersiapkan alutsista untuk mendukung operasi udara tentunya bukan suatu tugas yang ringan. Oleh sebab itu, dalam rangka melaksanakan tugas-tugas tersebut maka diperlukan pemenuhan kebutuhan fasilitas dan jasa yang cukup dan terukur sesuai program kerja yang telah ditetapkan. Koharmatau melalui satuan Fasilitas dan Konstruksi (Faskon) melakukan perancangan, pelelangan, pelaksanaan, pengawasan dan penerimaan semua kegiatan bangfas dan hibah dari dalam maupun luar negeri serta melaksanakan kegiatan pemeliharaan sarana dan prasarana secara swakelola di Koharmatau.

Dalam kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan tersebut, maka Lanjut Dankoharmatau, diperlukan tata kelola organisasi yang diwujudkan dalam suatu sistem manajemen logistik yang terencana, terukur dan konsisten sesuai dengan kebijakan pertahanan negara, rencana strategis pembangunan dan pengembangan kekuatan, serta program kerja yang telah ditetapkan,        karena pemenuhan kebutuhan melalui proses pengadaan bangfas/jasa secara terpusat bukanlah suatu proses yang sederhana, tetapi didalamnya terdapat banyak dinamika yang mewarnai dan berbagai aspek yang mempengaruhinya. Kegiatan pengadaan bangfas/jasa secara terpusat di Koharmatau pada prinsipnya merupakan salah satu upaya untuk menjamin keberlangsungan pemenuhan kebutuhan yang diperlukan.

Baca juga:  RAKERNIS KOOPSAU I TA 2009 DIBUKA PANGKOOPSAU I

Pada bagian lain, Dankoharmatau menenkankan bahwa penggunaan anggaran harus betul-betul diimplemantasikan secara akurat sesuai kebutuhan satuan pengguna bangfas. Salah satu cara untuk menjamin akurasi penggunaan anggaran, maka dalam proses pengadaan bangfas/jasa harus benar-benar memegang teguh prinsip efisien, efektif, terbuka dan bersaing, transparan, adil dan tidak diskriminarif, serta akuntabel.

Efisien mempunyai makna bahwa pengadaan bangfas/jasa harus diusahakan dengan menggunakan dana dan daya yang terbatas dalam mencapai sasaran yang ditetapkan namun tetap dapat dipertanggungjawabkan. Efektif artinya dengan sumber daya tersedia harus diperoleh bangfas/jasa yang mempunyai nilai dan manfaat yang tinggi bagi satuan pengguna. Terbuka dan bersaing berarti bahwa pengadaan bangfas/jasa harus terbuka bagi yang memenuhi persyaratan dan dilakukan melalui suatu persaingan yang sehat. Transparan dapat diartikan bahwa informasi yang diberikan kepada calon penyedia diberikan secara lengkap dan disampaikan melalui media informasi secara luas. Adil dan tidak Diskriminatif berarti memberikan perlakuan yang sama terahadap semua calon yang mampu sehingga terwujud adanya persaingan yang sehat dan tidak mengarah untuk memberikan keuntungan kepada pihak tertentu. Akuntabel berarti seluruh proses pengadaan bangfas/jasa harus dilaksanakan secara baik dan benar sesuai ketentuan aturan yang ada.

Baca juga:  Latihan Hanlan Segarkan Kemampuan Dasar Personel Lanud Sdm

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel